Viraj Madappa, Bintang Baru dari India

0

Viraj Madappa menjadi bintang baru dari India yang mencuri perhatian publik golf Asia berkat kemenangannya pada ajang TAKE Solutions pada Minggu (12/8) lalu. Kemenangan tersebut menjadi keberhasilan pertamanya pada kancah Asian Tour.

Pada hari Minggu itu, Madappa membukukan skor 4-under 67 untuk menorehkan skor total 16-under 268, dua pukulan lebih baik daripada Scott Vincent asal Zimbabwe dan Suradit Yongcharoenchai dari Thailand. Kemenangan ini juga membuatnya memegang rekor sebagai pegolf India termuda yang meraih kemenangan pada Asian Tour. Ia juga menjadi juara termuda untuk musim ini, memecahkan rekor Gaganjeet Bhullar yang menjuarai Indonesia President Invitational dalam usia 21 tahun dan 3 bulan.

Tapi mungkin tak banyak yang menyangka bahwa pemuda berusia 20 tahun 9 bulan ini mengalami berat badan berlebih ketika masih kecil. Saat masih berusia 7 tahun, untuk mengatasi berat badannya yang berlebihan, sang ayah membawa Madappa kecil untuk mengikuti kursus berenang.

Tapi dari sanalah ia justru tertarik pada olahraga golf. Ketimbang berada di kolam renang, Madappa kecil malah tertarik untuk melihat orang bermain golf di klub golf terdekat.

Ia berhasil menurunkan berat badan. Tapi minatnya terhadap golf makin meningkat. Dan ia berhasil menembus Asian Tour melalui Qualifying School awal tahun ini.

 

 ”Saya tak berpikir bahwa saya bermain cukup bagus seusai Qualifying School.” – Viraj Madappa

 

Begitupun, Madappa mengalami kesulitan dalam bersaing. Pada empat dari sembilan turnamen Asian Tour yang ia ikuti musim ini, ia gagal lolos cut. Prestasi terbaiknya ialah finis T14 pada ajang Royal Cup. Jelas kemenangan perdana ini menghapus keraguan akan kemampuannya.

”Saya tak berpikir bahwa saya bermain cukup bagus seusai Qualifying School. Saya berasa mengalami naik-turun yang cepat sejak menembus Qualifying School. Saat itu saya bermain bagus, tapi saya langsung tenggelam,” tutur Madappa.

Sadar akan keterbatasannya, ia kembali berlatih keras dengan pelatihnya, Tarush Sardesai. Dengan dukungan timnya, ia pun berhasil melakukan terobosan berarti dalam karier profesionalnya ini.

”Saya sangat gembira saya menjalani latihan tersebut dan bisa menang. Usaha keras itu jelas kini terbalas,” sambungnya.

Madappa menyebut dukungan dari banyak pihak, termasuk keluarganya memberinya semangat untuk meraih kemenangan ini. Fakta bahwa ia juga popular di Karnataka Golf Association berarti bahwa ia menikmati dukungan masyarakat setempat.

”Sungguh luar biasa. Keluarga saya sangat mendukung dan ibu saya bahkan menemani saya. Sangat menyenangkan melihat semua anak dari akademi. Mereka berusia 6-15 tahun. Mungkin mereka yang paling berisik, dan saya memanfaatkan energi mereka,” ujarnya lagi.

Madappa bisa menikmati pencapaian ini—bukankah kemenangan perdana patut dirayakan? Peringkatnya pada Habitat for Humanity Standings pun melambung ke peringkat 40. Ia juga berhak menyandang kategori exemption sebagai juara hingga akhir musim 2019 mendatang.

Patut dinanti pula bagaimana kisah Madappa ketika ia bersaing pada The 34th Shinhan Donghae Open pada 13-16 September mendatang. Turnamen yang akan digelar di Bear’s Best Cheongna Golf Club dan memperebutkan hadiah total sekitar US$1.125.000.

Share.

Leave A Reply