Tim IGT Raih Kemenangan Meyakinkan

0

Tim Indonesian Golf Tour (IGT) berhasil meraih kemenangan meyakinkan atas Tim Professional Golf of Malaysia (PGM) dalam ajang IGT-PGM Championship yang berlangsung di Riverside Golf Club, Cimanggis, 5-7 September 2017 lalu.

Kemenangan meyakinkan ini didapat setelah pada partai tunggal yang dimainkan pada hari ketiga Tim IGT berhasil mengalahkan Tim PGM dengan skor 6 ½-5 ½. Dengan angka tersebut, praktis Tim IGT mengumpulkan total 17½ poin dari total 28 poin yang diperebutkan dalam ajang matchplay beregu yang bergaya Ryder Cup ini.

Sebelumnya, pada lanjutan partai fourball yang terpaksa dilanjutkan pada pagi hari—lantaran hari sudah terlalu gelap pada hari kedua—Tim PGM berhasil mencuri dua poin setelah duet R. Nachimutu dan Amir Nazrin mengalahkan duo Danny Masrin dan Adrian Halimi dengan skor telak 5&4. Satu poin lagi berhasil dicuri oleh pasangan Kim Leun Kwang dan Din Abdul Manaf, 1-up dari pasangan Benita Kasiadi dan Indra Hermawan.

Sayangnya, ketika partai tunggal hendak berlangsung, Indra Hermawan mesti mundur lantaran cedera pinggang. Indonesia dan Malaysia pun mendapat tambahan ½ poin lantaran mundurnya Indra ini. Akibatnya, partai tunggal hanya memperebutkan 11 poin.

Adrian Halimi yang turun lebih awal kembali berhasil menyumbangkan poin. Ia menghentikan perlawanan Amir Nazrin di hole 16. Keberhasilan Adrian ini dilanjutkan pula oleh Rinaldi Adiyandono yang menang telak 4&3 dari Shariffudin Ariffin.

”Sebenarnya, saya kurang yakin akan bisa menang telak seperti ini. Terakhir kali main di format matchplay adalah ketika masih junior, dan tidak pernah menang dengan skor besar,” ujar Rinaldi. ”Namun, pelajaran dari dua hari sebelumnya (Rinaldi bermain foursome dua kali, fourball sekali) membuat saya lebih percaya diri sebelum tampil di single.”

IMG_9314-RES

Poin lain bagi Tim IGT berhasil disumbangkan oleh Joshua Andrew Wirawan yang bertarung sengit dengan Kemarol Baharin. Pemain yang akrab disapa Andrew itu berhasil menang 1-up. Sama seperti Rinaldi, kemenangannya ini membuat Andrew menyapu bersih semua partai yang ia mainkan—dua partai foursome, satu partai fourball, dan partai tunggal.

Dengan Danny Masrin dan George Gandranata yang sama-sama unggul 2-up dari lawan-lawan mereka, kemenangan Benita Kasiadi dengan skor besar 5&4 akhirnya berhasil memantapkan kemenangan Tim IGT, yang sekaligus membuat tim Indonesia ini berhak mendapat hadiah uang sebesar Rp390 juta dari total Rp600 juta yang disediakan.

IMG_9469-RES

Kemenangan Tim IGT ini tak lepas dari strategi jitu sang kapten, Jubilant Arda. Mantan atlet golf nasional ini mampu meracik tim yang terdiri dari para pegolf profesional terbaik Indonesia ini menjadi pemain-pemain yang bertaji, khususnya pada partai-partai beregu.

”Kemenangan dalam turnamen ini sudah diprediksi. Kita tahu bahwa kita punya kekuatan di nomor beregu. Target saya untuk beregu (foursome dan fourball) adalah meraih 9 poin. Tetapi kita ternyata bisa meraih 11. Ini justru membuat upaya kita lebih mudah. Partai single kan probability-nya sama. Itu sebabnya, saya menekankan untuk meraih poin lebih banyak di beregu,” kata Kapten Jubilant Arda.

Share.

Leave A Reply