Sandhu Menembus Dominasi Korea di Seongnam

0

India masih menyimpan banyak bakat golf yang siap bersaing di kancah golf profesional papan atas. Setelah Anirban Lahiri dan Shubhankar Sharma, pegolf India lainnya yang kemarin tampil ke permukaan adalah Ajeetesh Sandhu. Pegolf berusia 29 tahun ini membukukan 4-under 67 untuk memimpin klasemen sementara pada ajang GS Caltex Maekyung Open Golf Championship di Namseoul Country Club, Seongnam.

Untuk sementara Sandhu memimpin dengan keunggulan satu stroke dari para pesaingnya. Namun, ia membuka peluang untuk menembus dominasi para pemain Korea yang senantiasa memenangkan turnamen ini. Pemain asing terakhir yang menjuarai ajang ini ialah pegolf Amerika Serikat Mark Calcavecchia pada 2004.

”Kondisi hari ini (kemarin) berat. Awalnya, cuacanya dingin dan berangin kemudian hujan mulai turun. Saya terima permainan 4-under pada hari pertama ini dan saya puas bisa bermain seperti itu,” tutur Sandhu.

Sandhu mencatatkan prestasi besarnya pada kancah Asian Tour ketika memenangkan Yeangder TPC 2017. Segera setelah memenangkan turnamen itu ia menjuarai Pacific Club Challenge Tournament, ajang Japan Challenge Tour.

Ketika bermain di Ibaraki (Panasonic Open Golf Championship), ia menorehkan hasil yang bagus dengan finis T10, namun di China (Volvo China Open), ia justru bermain kurang maksimal dan gagal lolos cut.

”Saya pikir seperti itulah golf dan Anda harus melihat ke depan,” ujarnya lagi. ”Saya merasa permainan saya sedang bagus dan tak sabar untuk melanjutkan hingga beberapa hari ke depan.”

Sandhu juga menambahkan bahwa penampilan meyakinkan para pegolf India beberapa waktu terakhir ini menunjukkan betapa Tour lokal mereka (Professional Golf Tour of India) sudah menjadi begitu kuat.

”Kalau bisa main bagus di sana, tidak sulit untuk melangkah ke level internasional dan sungguh senang bisa melihat banyak rekan saya bermain dengan bagus.  Dan prestasi demi prestasi itu saling memacu sesama kami,” tandasnya.

Tiga pegolf Korea, Joo Heungchol, Ha Leedong, dan Paek Jaebum berada hanya satu stroke dari Sandhu. Ketiganya bermain dengan skor 68 pada ajang yang dimainkan di Namseoul Country Club ini. Adapun pegolf Spanyol Javi Colomo, Jazz Janewattananond dari Thailand, Terry Pilkadaris dari Australia, dan Shiv Kapur dari India sama-sama bermain 69 pada ajang yang memperebutkan total hadiah sekitar US$925.000 ini.

GS Caltex Maekyung Open Golf Championship edisi ke-37 kali ini merupakan yang pertama kalinya digelar bersama Asian Tour sejak terakhir menjadi ajang co-sanction pada 2009. Dengan melemahnya OneAsia, tidaklah mengherankan jika Korean PGA kemudian kembali bekerja sama dengan Asian Tour untuk memperkuat status turnamen ini, sekaligus meningkatkan kualitasnya.

Share.

Leave A Reply