Rumford Memainkan Putaran Awal dengan Cemerlang

0

Pegolf Australia Brett Rumford memainkan putaran awal ISPS HANDA World Super 6 Perth dengan cemerlang. ia membukukan 8-under 64 dan memimpin dua stroke pada akhir hari pertama ajang unik kolaborasi European Tour, Asian Tour, dan PGA Tour of Australasia ini.

Rumford yang berstatus juara bertahan kembali menunjukkan performa yang telah membawanya menjuarai turnamen ini. Kembali bermain di Lake Karrinyup Country Club, Rumford membukukan tujuh birdie di sembilan hole pertamanya yang dimulai dari hole 10. Namun, ia membuat bogey di hole 1 dan 3, tapi segera menorehkan tiga birdie lagi sebelum menuntaskan putaran pertamanya.

”Saya langsung tancap gas. Saya pikir Beef (Andrew Johnston) memberi tekanan dengan eagle di hole pertama (hole 10). Sepertinya sejak saat itu kami saling bergantian membukukan skor,” ujar Rumford.

”Ketika rekan bermain Anda bisa main bagus, Anda akan ketularan. Apalagi, kondisinya sangat memungkinkan untuk mencetak skor. Angin tak berembus terlalu kencang seperti beberapa sore ketika saya bermain di sini.”

Rumford menyebut bermain di lapangan yang menjadi kandangnya ini jelas memberinya keuntungan. Meski demikian, fokusnya pada pekan ini ialah bisa masuk ke dalam 24 besar.

Sementara itu, pegolf asal Inggris Lee Westwood yang bermain bersama Rumford terlihat siap bersaing dengan sang juara bertahan. Westwood menorehkan 1 eagle, 5 birdie, dan 1 bogey untuk skor 66. Perolehan skornya itu disamai oleh pegolf tuan rumah lainnya, James Nitties.

”Skor 66 ini merupakan skor terbaik saya musim ini. Tapi saya baru memainkan empat turnamen. Pada beberapa turnamen saya bermain agak lambat. Minggu lalu saya main lebih bagus dan mencatatkan skor 62 pada putaran kedua,” ujar Westwood.

Sama seperti Rumford, Westwood juga mengaku targetnya untuk sementara ialah berada di 24 besar, mengingat format turnamen ini yang memang unik.

Adapun sembilan pemain berhasil menorehkan 5-under 67 dan berada di peringkat keempat, termasuk pegolf Malaysia Nicholas Fung dan Kiradech Aphibarnrat asal Thailand.

Sempat berjuang menemukan performa terbaiknya, Fung justru memainkan putaran pertama ajang yang memperebutkan total A$1,75 juta (sekitar US$1,25 juta) ini dengan melakukan 24 putt. Ia mencatatkan 7 birdie dengan 2 bogey.

”Saya sangat senang dengan putaran hari ini (kemarin). Ini ketiga kalinya saya bermain di Karrinyup Country Club. Kondisinya bagus dan saya main pagi, jadi tak terlalu berangin. Mungkin itu juga yang membantu saya mencatatkan skor yang rendah,” ujar Fung.

”Saya masih melakukan pukulan dengan baik. Hanya saja putting saya agak bermasalah belakangan ini. Untungnya sekarang bisa lebih baik. Itu sebabnya saya bisa mendapat tujuh birdie.”

Kiradech sendiri baru terbang ke Australia pada malam sebelum turnamen. Namun, ia berhasil menunjukkan permainan yang cuku baik, meskipun ia tak dapat memainkan putaran latihan.

”Tahun lalu saya menonton turnamen ini dan kelihatannya seru. Saya sangat bersemangat ketika mengetahu saya bisa main pekan ini. Saya langsung memaksa manajer saya untuk bisa mendapatkan visa dan terbang secepat mungkin untuk bisa ikut. Saya mesti berterima kasih kepada panitia dan sponsor yang telah mengundang saya,” ujarnya.

ISPS HANDA World Super 6 Perth didukung oleh Western Australian Government melalui Tourism Western Australian. Ajang ini memiliki format unik yang memadukan stroke play dengan match play. Setelah bermain 36 hole, total 156 peserta akan mengalami cut-off bagi pemain di zona 65 besar dan ties. Setelah 54 hole, jumlah peserta dikurangi menjadi 24. Pada putaran final, hanya akan ada 6 hole match-play yang dimainkan.

Share.

Leave A Reply