Rory Hie Raih Prestasi Terbaik di Asian Tour

0

Satu-satunya pegolf Indonesia yang berlaga pada ajang TAKE Solutions Masters di Bengaluru, India sepanjang pekan kemarin, Rory Hie, berhasil meraih prestasi terbaiknya pada ajang Asian Tour. Finis di peringkat keempat pada turnamen yang menjalani debutnya sebagai ajang Asian Tour merupakan pencapaian terbaik Rory selama bermain di sirkuit regional ini.

Rory memulai pertandingan dengan hasil yang cukup baik. Bermain di Karnataka Golf Association Golf Course yang pekan itu dimiankan 71 par, Rory mencatatkan 6 birdie, 2 bogey, dan satu double bogey.

Ia mulai meramaikan persaingan perebutan gelar setelah pada putaran kedua memperbaiki performanya. Bermain dalam kondisi lebih baik, ia membukukan 5 birdie dengan satu bogey. Skor 4-under 67 itu membuatnya mengumpulkan total 6-under 136. Meski tertinggal lima stroke dari Poom, posisinya di peringkat ketiga—dengan empat pegolf lainnya—merupakan posisi yang sangat baik untuk bersaing.

”Permainan saya mulai lebih konsisten. Saya hanya kurang mengakhirinya di posisi terbaik. Sejauh ini saya juga belum sekalipun gagal lolos cut pada ajang Asian Tour (dari empat penampilan), dan rasanya permainan saya makin solid juga,” tutur Rory.

Salah satu kunci performanya ialah kemampuannya melakukan pilihan club yang tepat untuk memainkan lapangan di Bengaluru, India tersebut.

Perjuangannya sempat terhambat lantaran pada putaran ketiga ia bermain dengan kondisi perut yang bermasalah.

”Kemarin perut saya bermasalah, jadi saya mesti bertanding dengan kondisi demikian sepanjang hari dan tak bisa mendapat satu birdie pun,” jelas Rory menyinggung putaran ketiga ketika ia hanya mendapat satu bogey di hole 12.

Pada akhir putaran ketiga itu, Rory terpaksa terlempar dari posisi lima besar. Dengan skor 208, ia menuju putaran final dengan berada di peringkat T8.

Pada putaran final, Rory mengawalinya dengan meyakinkan dan mencatatkan birdie di hole pertamanya. Meski kemudian mendapat bogey di hole 3, birdie di hole 5 masih membuka kansnya. Sayangnya, ia kembali mendapat bogey di hole 9.

Meski demikian, di sembilan hole terakhir, ia berhasil mendapat empat birdie di hole 10 dan 11, serta 16 dan 17. Skor total yang ia kumpulkan, 9-under 275 memang tidak berhasil membuatnya keluar sebagai pemenang. Catatan skornya juga terpaut 7 stroke dari Poom Saksansin yang akhirnya menjuarai turnamen ini. Namun, ia berhasil finis di peringkat T4, berbagi tempat dengan dua pegolf tuan rumah, Divyanshu Bajaj dan Abhinav Lohan.

”Ini merupakan hasil terbaik saya pada ajang Asian Tour, jadi saya sangat gembira dengan pencapaian ini,” ujar Rory. ”Saya tahu kalau saya bisa mempertahankan kondisi mental saya pada tempat yang tepat, saya bakal bermain dengan baik.”

Hasil yang positif ini jelas memberinya rasa percaya diri, terutama untuk memainkan sejumlah ajang Asian Tour pada sisa musim ini. Jika ia finis di zona 60 besar Order of Merit Asian Tour pada akhir musim, ia akan kembali mendapatkan kartu Asian Tour untuk musim 2018.

”Saya rasa saya bisa bersaing menghadapi para pemain terbaik Asian Tour. Semoga ketika berikutnya saya ada di posisi yang sama, saya bisa bermain untuk meraih kemenangan daripada sekadar berusaha finis di posisi setinggi mungkin,” tutup Rory.

Share.

Leave A Reply