Rivani Membukukan 73 pada Putaran Pertama WAAP

0

Salah satu pegolf wanita andalan Indonesia Rivani Adelia Sihotang membukukan skor 73 pada putaran pertama Women’s Amateur Asia Pacific (WAAP) yang berlangsung di Sentosa Golf Club, Singapura mulai hari ini (21/2) hingga 24 Februari.

Rivani yang mengawali putaran pertama dari hole pertama sempat bermain 1-over pada sembilan hole pertamanya lantaran mendapat bogey di hole kedua. Ia kembali mendapat bogey di hole 12, namun berhasil mendapat birdie pertamanya di hole 16. Sayangnya, ia justru kembali mendapat bogey di hole 17.

”Hari ini (21/2) embusan anginnya lumayan kencang,” ujarnya. ”Tapi bersyukur bisa finis 2-over hari ini. Semoga besok bisa lebih baik lagi.”

Satu-satunya birdie yang ia raih ia peroleh di hole par 5.

”Saya berhasil melakukan tiga pukulan ke green,” tutur Rivani mengenai proses birdie-nya tersebut. ”Pada pukulan ketiga, bola saya berhasil menempel ke green sekitar satu meter dari lubang.”

Catatan skor 73 miliknya menempatkan Rivani di posisi T29 pada hari pertama dan merupakan skor terbaik yang dibukukan oleh wakil Indonesia.

Wakil Indonesia lainnya Ribka Vania dan Nathania Damarisa Rim membukukan skor yang sama, 5-over 76. Ribka membukukan 2 birdie dengan 3 bogey dan 2 double bogey, sedangkan Nathania meraih satu-satunya birdie di hole 14 dengan 3 bogey dan satu triple bogey. Ribka dan Nathania untuk sementara berada di posisi T48.

Adapun Patricia Sinolungan yang menjadi pegolf putri terbaik pada Faldo Series Asia Indonesia Championship pekan lalu bermain dengan skor 77. Ia juga hanya mendapat satu birdie dengan 4 bogey dan satu double bogey dan menempati posisi T59 pada akhir putaran pertama.

Dua wakil Indonesia lainnya, Kristina Nathalia Yoko dan Michela Tjan sama-sama membukukan skor 81 untuk berada di posisi T75.

Sorotan pada putaran pertama menjadi milik pegolf asal Thailand Atthaya Thitikul. Remaja 15 tahun yang memecahkan rekor Lydia Ko sebagai pegolf termuda yang pernah menjuarai turnamen profesional dalam Tour utama—berkat kemenangannya pada ajang Ladies European Tour, Ladies European Thailand Championship—ini bermain dengan skor 6-under 65. Ia membukukan 8 birdie dan 2 bogey untuk memimpin satu stroke dari pegolf Jepang Yuka Yasuda.

”Saya merasa sangat senang dengan hasil ini karena putting, driving, iron, chipping saya, semuanya sangat bagus,” ujar Thitikul yang merayakan ulang tahun ke-15 pada gala dinner malam Selasa yang lalu.

”Mungkin saya memukul bola ke 15 dari 16 green, mendapat banyak peluang birdie dan sangat menikmatinya. Saya tak ingin memikirkan kemenangan. Tiap hari saya hanya memikirkan bagaimana menikmati permainan saya dan melakukan yang terbaik. Itulah target saya pekan ini,” ujarnya lagi.

Pegolf Jepang lainnya Mone Inami dan pegolf Korea Selatan Ryu Hae-ran sama-sama membukukan skor 68 dan berada di posisi T3. Delapan pemain lainnya bermain 69 dan sama-sama berada di peringkat kelima.

Ajang WAAP ini sendiri termasuk kejuaraan Major bagi pemain amatir dan digelar untuk pertama kalinya pada tahun ini. Ajang ini merupakan inisiatif dari r&A dan Asia-Pacific Golf Confederation untuk memberi jalur bag para pemain amatir wanita untuk menuju panggung internasional.

Sebagai ajang besar, juara pada turnamen ini akan mendapat undangan untuk bermain pada dua ajang Major, yaitu ANA Inspiration dan Ricoh Women’s British Open, plus mengikuti ajang HSBC Women’s World Championship yang akan digelar di lapangan yang sama pekan depan.

Share.

Leave A Reply