Pegolf Amatir Bukukan Tujuh Birdie

0

Pegolf amatir China dari Florida Ethan Dong membukukan tujuh birdie untuk membukukan skor 4-under 68 pada kualifikasi hari Senin kemarin (4/6) untuk mengikuti ajang Guilin Championship yang berlangsung pekan ini. Turnamen tersebut sekaligus menjadi seri kelima dari PGA TOUR Series-China.

Dong menorehkan skor 68 tersebut bersama pegolf Korea Lee Junhyuk dan pegolf Jepang Shota Hayafuji. Sementara pegolf Inggris James Maw membukukan skor 70 untuk berada di peringkat keempat.

Dua pegolf tuan rumah Chao Song dan veteran Tour Li Jianshan membukukan skor 71 untuk berada di peringkat T5 bersama pegolf Australia Deyen Lawson, Yu Sungi dari China Taipei, Jung Minsu dari Korea, dan mantan pesepakbola Singapura Lin Jianwen. Sepuluh nama ini pun resmi menggenapi 144 peserta yang akan ikut bersaing di Guilin Landscape Golf Club.

Dong yang berdomisili di Florida sempat mengawali putaran kualifikasi ini dengan mendapat triple-bogey di hole pertamanya. Tapi ia segera memperbaiki performanya dan mencatatkan tiga birdie berturut-turut dari hole 3. Mahasiswa Lynn University ini kembali menambah koleksi birdie-nya di hole 10 dan menambah tiga birdie lagi dari hole 12 untuk tujuh birdie yang memberinya tiket untuk melakoni debut di Tour ini.

”Saya bermain bagus kecuali di satu hole. Pukulan saya bagus dan lapangan ini benar-benar sesuai dengan (permainan) saya,” ujar Dong, yang baru saja menuntaskan tahun pertamanya di universitas. Universitasnya sendiri menjuarai NCAA Division II Golf Championship akhir Mei lalu.

Tak pelak lagi, keberhasilannya menembus kualifikasi ini membuatnya gembira.

”Saya amat bersemangat untuk ikut bermain pekan ini. Lapangan ini terbuka lebar dan pemandangannya luar biasa dan cuacanya juga mengagumkan, jadi saya berharap mendapatkan hari yang seperti hari ini (kemarin).”

Sementara Lee, rekan bermain Dong, finis di peringkat T30 pada Haikou Championship bulan lalu. Ia sempat bermain di Tour pada 2014, sebelum kemudian harus menjalani wajib militer selama dua tahun. Pegolf berusia 27 tahun ini berhasil mengamankan tempatnya untuk mengikuti turnamen pekan ini dengan mencatatkan tiga birdie dan sebuah bogey di sembilan hole pertamanya, dan menambah birdie lagi di hole terakhirnya.

”Pukulan terbaik saya terjadi di hole terakhir. Saya melakukan pukulan kedua yang hebat sehingga memudahkan saya mendapatkan birdie, jadi saya bisa merasa puas. Saya sungguh menantikan turnamn (pekan) ini,” papar Lee.

Semangat senada juga diungkapkan pegolf Jepang Hayafuji. ”Saya mengenal para pemain Jepang yang akan ikut berlaga pekan ini, jadi senang rasanya bisa bergabung dengan mereka. Saya sangat suka lapangan ini dan saya pikir bisa main bagus nanti,” tuturnya.

PGA TOUR Series-China pertama kali dihadirkan pada 2014 dan merupakan tour pengembangan internasional ketiga, mengikuti PGA TOUr Latinoamerica dan Mackenzie Tour-PGA TOUR Canada. Sejak pertama kali hadir, PGA TOUR Series-China telah menerima poin pada Official World Golf Ranking. Tahun ini seluruh turnamen pada seri ini menawarkan hadiah total senilai RMB1,5 juta, yang merupakan peningkatan sebesar 25% dari musim 2016.

Share.

Leave A Reply