Panasonic Swing: Apa Itu?

0

Thailand Open yang berlangsung pada 18-21 Mei 2017 menjadi seri pertama dari rangkaian Panasonic Swing. Tapi apakah Panasonic Swing itu sebenarnya?

Panasonic Swing menjadi inisiatif baru yang sepenuhnya disponsori oleh Panasonic Corporation. Seri ini hampir menyerupai Rolex Series European Tour. Namun, jika Rolex Series menampilkan 8 turnamen, Panasonic Swing menyuguhkan 5 turnamen, 4 di antaranya  akan dilangsungkan pada tahun ini, dimulai dari Thailand Open, disusul dengan Panasonic Open India 2017 (2-5 November), satu ajang Asian Tour di Malaysia dan Indonesia pada tahun ini, dan Panasonic Open Japan 2018. Pemain lokal yang finis di posisi terbaik pada ajang di Malaysia, Indonesia, dan Thailand akan mendapatkan slot untuk bermain pada seri pamungkas di Jepang.

Adapun peringkat akan ditentukan berdasarkan poin agregat yang diperoleh pemain dalam lima turnamen. Poin akan didistribusikan kepada para pemain yang berhasil lolos cut pada tiap seri Panasonic Swing hingga pemain yang berada di posisi 80. Pemain yang finis di luar 80 besar setelah lolos cut tidak akan menerima poin sama sekali.

Tiga pemain dengan perolehan poin teratas dalam seri yang akan berakhir pada ajang Panasonic Open Japan 2018 ini akan berbagi hadiah uang US$150.000. Juara dari Panasonic Swing ini juga akan menerima exemption pada satu ajang European Tour musim 2018.

Untuk bisa berpartisipasi pada seri terakhir, yaitu Panasonic Open Japan 2018, seorang pemain mesti bermain minimal pada dua turnamen. Dan para pemain mesti hadir pada upacara penyerahan hadiah pada Panasonic Open Japan 2018 untuk bisa menerima bonusnya. Jika seandainya tidak hadir, bonus akan diberikan kepada pemain yang berada di peringkat berikutnya.

Total bonus hadiah yang disiapkan ialah sebesar US$150.000. Pemain berperingkat teratas akan mendapatkan US$70.000 plus exemption ke sebuah ajang European Tour 208. Perigkat kedua mendapatkan US$50.000 dan peringkat ketiga US$30.000.

Panasonic Corporation sendiri telah menjadi mitra Olimpiade sejak lama. Mereka pun turut mendukung golf profesional pada level yang tertinggi di Asia sebagai sponsor utama Panasonic Open India sejak 2011 dan Panasonic Open Japan, yang diluncurkan pada 2016 dan telah menjalani edisi kedua pada bulan April lalu.

Tetsurou Maruyama, Panasonic Corporation Advertising Department Groupwide Brand Communicasion Division GM, mengungkapkan, ”Hasrat kami ialah menyebarkan gairah dan emosi  ke seluruh dunia melalui olahraga. Dan dengan melakukan hal tersebut, kami bisa melihat kehidupan yang lebih baik dan masyarakat yang lebih baik. Semangat tersebutlah yang membawa kami pada Olympic Partnership selama lebih dari 25 tahun, mendukung banyak olahraga korporat dan mensponsori berbagai ajang olahraga.

”Kami gembira bisa memperkenalkan program baru bernama Panasonic Open ini, bersama dengan Asian Tour, yang memenuhi semangat kami untuk berkontribusi pada promosi golf di Asia.”

CEO Asian Tour Josh Burack juga menyambut partisipasi Panasonic Corporation ini sebagai salah satu Mitra Tour mereka.

”Mewakili seluruh pemain kami, saya ingin menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Panasonic Corporation dengan dukungannya terhadap Asian Tour. Sebagai perusahaan terkemuka di dunia, kami sangat bangga bisa menyambut mereka sebagai salah satu Mitra Tour kami,” ujar Burack.

Bagi pemain, seperti Jeev Milkha Singh, seri Panasonic Swing ini pasti akan meningkatkan gairah untuk bermain pada kelima turnamen tersebut. ”Para pemain pasti takkan mau ketinggalan turnamen-turnamen ini karena mereka justru bisa mendapat tambahan hadiah uang,” ujarnya.

Share.

Leave A Reply