MercedesTrophy Indonesia Kembali Digelar

0

Turnamen golf paling prestisius, MercedesTrophy Indonesia kembali digelar. Ajang yang ditujukan secara eksklusif bagi para pegolf amatir pemilik kendaraan Mercedes-Benz ini akan kembali diselenggarakan di Royale Jakarta Golf Club, Jakarta pada Rabu, 12 Juli 2017 mendatang.

Para pegolf amatir yang memiliki kendaraan Mercedes-Benz—kendaraan penumpang, bukan kendaraan komersial, seperti truk atau bis—dengan usia kendaraan maksimal 4 tahun bisa berpartisipasi dan berpeluang untuk menjadi satu dari tujuh wakil Indonesia pada MercedesTrophy Asian Final yang akan diselenggarakan di Sanctuary Cove, Brisbane pada 8-11 Agustus 2017 mendatang.

Seperti penyelenggaraan sebelumnya, MercedesTrophy Indonesia 2017 akan terdiri dari Tournament Player dan Guest Player. Berikut tabel perbandingan benefit yang bisa dinikmati masing-masing kategori.
Tabel Benefit Peserta
Berikut beberapa persyaratan umumnya.

  1. Usia minimal pemain adalah 18 tahun.
  2. Pemain harus berstatus sebagai pemain amatir.
  3. Maksimal handicap pemain ialah 24.0 untuk pria dan 36.0 untuk wanita. Kartu HCP index resmi, yang didasarkan pada USGA Handicap System, mesti disertakan sebagai bukti handicap index pemain.
  4. Usia mobil Mercedes-Benz yang dimiliki harus kurang dari atau maksimal 4 tahun, yang dibuktikan dengan STNK.
  5. Karyawan Mercedes-Benz Indonesia atau Daimler AG dan juga mitra-mitra sales tidak diperkenankan mengikuti MercedesTrophy, kecuali dalam kaitannya untuk membina hubungan dengan peserta dan skor kompetitifnya tidak akan dihitung.
  6. Para pemilik mobil Mercedes-Benz dan pelanggan potensial boleh berpartisipasi pada MercedesTrophy, baik untuk babak kualifkasi maupun Final Indonesia.
  7. Pergantian pemain hanya diperkenankan dengan membawa Surat Kuasa yang telah diketahui oleh Dealer terkait. Pergantian ini akan mengubah status kepesertaan dari Tournament Player menjadi Guest Player.
  8. Pemain yang sudah bermain pada MercedesTrophy Asian Final 2016 tidak diperkenankan untuk berpatisipasi sebagai Tournament Player dan oleh karena itu tidak dapat mewakili Indonesia pada MercedesTrophy Asian Final 2017.
  9. MercedesTrophy World Final merupakan pengalaman ”sekali seumur hidup”. Para pegolf hanya diperbolehkan berpartipasi pada MercedesTrophy World Final jika sebelumnya mereka belum pernah mengikuti MercedesTrophy World Final.
  10. Pihak panitia berhak menentukan pairing.
  11. Persyaratan lainnya mengacu pada Ketentuan Pertandingan MercedesTrophy Indonesia 2017.

Adapun Ketentuan Pertandingan MercedesTrophy Indonesia 2017 adalah sebagai berikut.

1. MANAJEMEN
Mercedes-Benz Indonesia & Golf Asia Indonesia

2. KOMITE PERTANDINGAN
The MercedesTrophy 2017

3. TEMPAT DAN TANGGAL PENYELENGGARAAN
Royale Jakarta Golf Club, Jakarta; Rabu, 12 Juli 2017

4. FORMAT PERTANDINGAN
4.1. Kompetisi dilakukan dalam satu putaran 18 hole dengan menggunakan Sistem Stableford.

Poin Sistem Stableford
Poin                       Pukulan
0                              2 pukulan atau lebih di atas par, atau skor tidak tercatat
1                              1 pukulan di atas par
2                              par
3                              1 pukulan di bawah par
4                              2 pukulan di bawah par
5                              3 pukulan di bawah par
6                              4 pukulan di bawah par

Catatan: Semua pemain harus mencatat seluruh skor aslinya di kartu skor, bukan poin Stableford-nya. Misal: Pemain memukul 4 kali di Hole 1 Par 4, maka ia harus mencatat ”4” di kartu skornya. Perhitungan poin Stableford adalah berdasarkan skor Nett on handicap.

4.2. Tee marker: Tee Putih untuk Pria dan Tee Merah untuk Wanita.

5. KEABSAHAN
5.1. Turnamen ini terbuka bagi semua pemilik mobil Mercedes-Benz yang memiliki handicap.
a. Pegolf amatir sesuai dengan Peraturan Status Amatir yang disetujui oleh R&A Rules & Limited.
b. Kompetisi individual ini akan dipertandingkan dengan mengikuti kelompok handicap berikut dan para juara akan ditentukan dengan poin yang diraih oleh peserta di tiap divisi.

Divisi A                  Handicap 0-12
Divisi B                  Handicap 13-20
Divisi C                  Handicap 21-24
Divisi Wanita          Handicap 0-36
Guest                    Peserta yang disetujui oleh Mercedes-Benz Indonesia

Catatan: Jika jumlah peserta tak sampai 4 pemain di tiap kelompok di atas, Komite Pertandingan dapat, dengan kebijaksanaan mutlak, mengombinasikan peserta untuk bermain dengan kelompok lainnya.

Handicap dan Revisi Handicap
Peserta WAJIB menyertakan handicap resmi mereka untuk mengikuti MercedesTrophy 2017. Handicap akan disesuaikan untuk putaran berikutnya, sesuai dengan poin yang telah peserta terima pada putaran awal, sesuai dengan Tabel Revisi Handicap berikut:

Tabel Revisi Handicap
Catatan
: Peserta yang mengumpulkan skor 45+ tidak diperkenankan menang dan akan didiskualifikasi dari kompetisi.

c. Anggota dari sebuah klub yang berafiliasi dengan Persatuan Golf Indonesia (PGI) yang memiliki handicap index yang serupa.

5.2. Komite berhak menolak pengajuan keikutsertaan peserta tanpa memberi alasan. Peserta mesti menyertakan bukti Handicap Index sesuai dengan USGA Handicap System. Peserta dengan sertifikat atau surat keterangan handicap index dapat mendaftar sebagai Tournament Player dengan catatan kartu handicap index sudah dimiliki pada saat registrasi ulang. Jika pada hari penyelenggaraan peserta terkait tidak dapat menunjukkan kartu handicap index-nya hak mewakili Indonesia pada MercedesTrophy Asian Final akan diberikan kepada peserta terbaik di bawahnya.

5.3. Karyawan atau anggota keluarga Mercedes-Benz Indonesia atau Daimler AG dan juga mitra-mitra sales tidak diperkenankan mengikuti MercedesTrophy, kecuali dalam kaitannya untuk membina hubungan dengan peserta dan skor kompetitifnya tidak akan dihitung. Status keikutsertaannya ialah sebagai Guest Player.

6. PENDAFTARAN
6.1.
Biaya pendaftaran untuk tiap peserta adalah sebesar Rp3.000.000 per peserta. Biaya ini sudah termasuk green fee, caddie fee, sarapan dan santap siang pada hari penyelenggaraan turnamen, dan goody bag.

6.2. Batas pendaftaran ialah pada Senin, 10 Juli 2017.

6.3. Pendaftaran harus disertai dengan sejumlah dokumen pelengkap – Kartu Handicap Index Resmi dan STNK dan/atau Kartu Keluarga jika kendaraan milik Istri atau Anak, dan/atau Surat Keterangan Dealer jika kendaraan milik perusahaan, serta paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan sebelum keberangkatan menuju Asian Final pada Agustus 2017–berikut dengan pelunasan biaya pendaftaran sebesar Rp3.000.000.

6.4. MercedesTrophy 2017 dibatasi hanya untuk 144 peserta dengan prioritas bagi peserta yang pertama kali mendaftar dan melengkapi persyaratan pendaftaran. Jika jumlah peserta tidak mencapai atau melebihi kapasitas tersebut, Komite Turnamen berhak melakukan penyesuaian terhadap persyaratan peserta tanpa memberikan pemberitahuan atau penjelasan terlebih dahulu.

6.5. Peserta dapat melakukan pendaftaran kepada Dealer Resmi Mercedes-Benz Indonesia atau kepada Admin MercedesTrophy 2017.

6.6. Peserta yang sudah melakukan pendaftaran melalui Dealer Resmi Mercedes-Benz Indonesia atau kepada Admin MercedesTrophy 2017 wajib mengonfirmasi keikutsertaan untuk memastikan tempat mereka dalam turnamen MercedesTrophy 2017.

6.7. Komite Pertandingan berhak menolak keikutsertaan pemain yang namanya tidak terdaftar, baik sebagai Tournament Player, Guest Player, maupun Sponsor.

7. PENGUNDURAN DIRI
7.1.
Peserta dapat mengundurkan diri selambatnya pada batas akhir pendaftaran, yaitu pada Senin, 10 Juli 2017.

7.2. Peserta yang mengundurkan diri selambatnya pada batas akhir pendaftaran—pada Senin, 10 Juli 2017—berhak menerima kembali seluruh biaya pendaftarannya. Jika pengunduran diri dilakukan melebihi batas waktu tersebut, biaya pendaftaran akan dianggap hangus.

8. PERGANTIAN PESERTA
8.1.
Pergantian peserta hanya diperkenankan dengan membawa Surat Kuasa yang telah diketahui oleh Dealer terkait. Pergantian peserta ini akan mengubah status kepesertaan dari Tournament Player menjadi Guest Player.

9. PERATURAN PERMAINAN
9.1.
Kejuaraan akan dimainkan mengacu kepada Peraturan Golf yang diberlakukan oleh the R&A Rules Limited yang terkini, Ketentuan Kompetisi, Lampiran serta Peraturan Setempat tambahan yang dibuat oleh Komite Pertandingan.

10. WAKTU START DAN PENGELOMPOKAN
10.1.
Komite akan menentukan pairing dan waktu dimulainya turnamen.

10.2. Pairing akan ditempatkan di Papan Pairing Turnamen. Informasi ini akan dianggap cukup untuk memberikan dan menyampaikan informasi.

10.3. Pemain harus start pada waktu yang telah ditetapkan oleh Komite.
Jika pemain tiba di tempat startnya, siap untuk bermain, tidak lebih dari lima menit setelah waktu startnya, penalti akibat tidak start pada waktunya adalah dua pukulan pada hole pertama. Kalau tidak, penalti untuk pelanggaran Peraturan ini adalah DISKUALIFIKASI.

Pengecualian: Bilamana Komite menentukan bahwa keadaan yang luar biasa telah menghalangi pemain melakukan start pada waktunya, tidak ada penalti.”

10.4. Komite berhak mengubah pairing dan membedakan waktu mulainya permainan tanpa terlebih dahulu memberi pemberitahuan.

11. KEDI
Kedi akan ditugaskan bagi pemain yang nantinya bertanggung jawab terhadap Caddy Fee. Setiap pemain tidak boleh berinteraksi dengan kedi mana pun melebihi yang ditentukan oleh Komite. Kedi dari luar lapangan lokasi penyelenggaraan tidak diperkenankan.

Pemain wajib menggunakan kedi yang disiapkan oleh Club; pegolf profesional atau pelatih tidak diizinkan bertugas sebagai kedi untuk pemain.

PENALTI PELANGGARAN PERATURAN: Dua (2) pukulan untuk setiap hole terjadinya pelanggaran; penalti setiap ronde: empat (4) pukulan.

12. KARTU SKOR
12.1.
Kartu skor – Sebelum putaran berlangsung, para pemain akan memberikan kartu mereka sebagai berikut:

Grup dengan 4 Pemain
Pemain 1 memberi kartunya ke Pemain 2
Pemain 2 memberi kartunya ke Pemain 3
Pemain 3 memberi kartunya ke Pemain 4
Pemain 4 memberi kartunya ke Pemain 1

Grup dengan 3 Pemain
Pemain 1 memberi kartunya ke Pemain 2
Pemain 2 memberi kartunya ke Pemain 3
Pemain 3 memberi kartunya ke Pemain 1

12.2. Semua peserta harus menyerahkan kartu nilai (skor) yang sudah ditandatangani oleh markernya – pencatat nilai (skor) – secepatnya setelah menyelesaikan setiap ronde di setiap event dan hendaknya tidak lebih dari 10 menit setelah menyelesaikan setiap ronde.

12.3. Kartu nilai (skor) dianggap sudah diserahkan saat peserta sudah meninggalkan area penyerahan kartu skor dan tidak boleh diminta kembali untuk alasan apapun.

12.4. Ingatkan para pemain bahwa tidak diperkenankan untuk melatih putting di atas green begitu permainan dimulai. Sebagai tambahan, sangatlah penting bagi seluruh pemain agar melakukan putting hingga bola memasuki hole dan tidak ada gimme putt kecuali mereka sudah melakukan pukulan sejumlah sebagai berikut.

Di hole par 5 – setelah 9 pukulan putt, pungut bola dan catat ”X” sebagai skor di hole tersebut
Di hole par 4 – setelah 8 pukulan putt, pungut bola dan catat ”X” sebagai skor di hole tersebut
Di hole par 3 – setelah 7 pukulan putt, pungut bola dan catat ”X” sebagai skor di hole tersebu

13. PENGHARGAAN
13.1.
Piala akan diberikan untuk:
Divisi A (Handicap 0-12)
Juara | Runner-up 1 | Runner-up 2
Divisi B (Handicap 13-20)
Juara | Runner-up 1 | Runner-up 2
Divisi C (Handicap 21-24)
Juara | Runner-up 1 | Runner-up 2
Divisi Wanita (Handicap 0-36)
Juara | Runner-up 1 | Runner-up 2

*Juara dan Runner-up 1 Divisi A, B, dan C, serta Juara Divisi Wanita akan mendapat undangan untuk mengikuti MercedesTrophy Asian Final di Australia.

13.2. Hadiah Keterampilan
1. Nearest to the Line
2. Nearest to the Pin

13.3. Hole in One

14. PENUTUPAN PERTANDINGAN
14.1.
Pertandingan dianggap telah ditutup dengan resmi apabila Piala pertama sudah diserahkan kepada pemenang saat acara penyerahan piala pada acara penutupan.

15. KESAMAAN SKOR (TIES)
15.1.
Jika terjadi tie, tie ini akan ditentukan dengan melakukan penghitungan count-back pada kartu skor dengan urutan sebagai berikut:

Skor 9 hole terakhir (10-18), skor 6 hole terakhir (13-18), skor 3 hole terakhir (16-18), seandainya diperlukan skor 1 hole terakhir (18).

Apabila score masih sama, maka pemenang akan diundi.

16. WASIT
16.1.
Wasit yang telah ditentukan oleh Komite, keputusan yang ia ambil bersifat final. (Peraturan 34-2).

16.2. Jika wasit berhalangan, perselisihan atau keraguan apapun terhadap Peraturan harus ditujukan langsung kepada Komite, yang keputusannya juga bersifat final (Peraturan 34-3).

17. PERSELISIHAN & BANDING
17.1.
Setiap perselisihan yang timbul saat turnamen harus diajukan/naik banding kepada Komite Banding secepatnya setelah penyelesaian suatu ronde, bagaimana pun, diharapkan tidak lebih   lambat dari 15 menit setelah usainya ronde tersebut.

17.2. Penalti berupa diskualifikasi pada kasus luar biasa bisa saja diabaikan, dimodifikasi atau dijatuhkan oleh Komite Banding (Per.33-7)

18. ETIKET
18.1.
Semua pemain harus menerapkan etika baik seperti yang tertera di pasal 1 peraturan golf. Saling mengindahkan satu sama lain harus diperlihatkan di dalam lapangan setiap saat.

Pelanggaran Terhadap Etiket
18.2.
Berikut adalah hal-hal yang dapat dianggap sebagai ”pelanggaran etika yang berat” dalam kompetisi ini:

  • Penggunaan telepon genggam atau alat komunikasi serupa dalam putaran kompetisi di lapangan yang mengganggu pemain lainnya.
  • Pelecehan dengan kata-kata, baik kepada sesama peserta/panitia/staff.
  • Membuat kekacauan yang berulang-ulang atau yang dapat menyinggung sesama peserta.
  • Mengonsumsi minuman beralkohol saat mengikuti kompetisi.

Catatan: Pelanggaran etiket lain yang tidak tercantum di atas akan ditangani Komite kasus demi kasus.

Pengecualian: Peserta bisa menggunakan alat komunikasinya jika buggy rusak atau ada yang mengalami sakit/cedera.

19. OBAT-OBATAN
19.1. Penggunaan segala obat yang bisa meningkatkan performa permainan sangat disarankan untuk dihindari. Jika pemain terbukti menggunakan obat untuk tujuan non-terapi, Komite berhak mewajibkan pemain menjalani tes obat-obatan. Tiap pemain yang melanggar kondisi ini akan didiskualifikasi. Peserta yang sedang menjalani pengobatan dan meragukan status klinisnya mesti meminta advis dari R&A melalui Perwakilan Turnamen.

20. CUACA BURUK DAN PENUNDAAN PERMAINAN
20.1.
Komite akan berusaha untuk menyelesaikan pertandingan secara keseluruhan. Bagaimana pun, komite berhak untuk menunda atau membatalkan pertandingan jika diperlukan apabila cuaca memaksa tindakan tersebut dilakukan. Ketidakmungkinan lapangan untuk dapat dimainkan dan pembatalan pertandingan atau akibat keadaan lainnya, Komite akan memutuskan kelanjutan dari pertandingan dan semua peserta akan diinformasikan.

21. GANTI RUGI/KEWAJIBAN
21.1.
Mercedes-Benz, Sponsor, Penyelenggara, Komite dan Menejemen Club tidak bertanggung jawab atas kehilangan, kerusakan ataupun kerugian yang terjadi pada setiap peserta pertandingan selama keikutsertaannya dalam turnamen ini.

22. RENCANA EVAKUASI
22.1.
Apabila terjadi keadaan darurat atau penundaan pertandingan, langkah-langkah berikut dan beberapa prosedur akan berlaku mulai Senin (hari berlatih resmi), sampai pada akhir pertandingan:

  1. Hanya Direktur Pertandingan (Tournament Director) yang dapat menyatakan keadaan berbahaya atau menunda permainan. Ini termasuk saat berlatih dan saat pertandingan.
  2. Pernyataan keadaan berbahaya atau penundaan pertandingan akan dikomunikasikan melalui radio kepada Ketua Wasit, Ofisial Rule dan Komite Turnamen terlebih dahulu sebelum sirene

23. PENUNDAAN PERMAINAN KARENA SITUASI BERBAHAYA (CATATAN: Rule 6-8)
23.1. Apabila terjadi kilat, satu bunyi sirene yang berkepanjangan akan dibunyikan dan para pemain harus SEKETIKA ITU JUGA menghentikan permainan. Catatan pada Peraturan 6-8b ini akan diberlakukan dan pemain yang tetap melakukan pukulan setelah sirene dibunyikan akan di diskualifikasi. Berikut tanda-tanda sirene yang akan berlaku sebagai tanda dihentikan atau dimulainya kembali permainan:

  • Menghentikan permainan seketika itu juga: Satu kali sirene berbunyi berkepanjang
  • Menghentikan permainan: Tiga kali sirene berbunyi, diulangi
  • Melanjutkan permainan: Dua kali sirene berbunyi pendek, diulangi

24. MARKER

  • Seorang MARKER (pencatat skor) adalah orang yang ditunjuk oleh komite untuk mencatat nilai (skor) peserta. Orang tersebut bisa sesama peserta. Pencatat ini bukan wasit.
  • Kedi tidak diizinkan bertindak menggantikan pemain sebagai marker/pencatat nilai (skor) atas dan untuk pemain. Pemain yang bertanggung jawab penuh sebagai marker, bukan kedinya.
  • Komite berhak menambahkan seorang marker selain marker yang ditunjuk untuk pemain tertentu bila dianggap perlu.

25. PERTANYAAN
25.1. Segala bentuk pertanyaan, silakan menghubungi Dealer Resmi Mercedes-Benz Indonesia. Atau mengunjungi website www.Mercedes-Benz.co.id atau golfasia.id; mobile 081290901936, atau email [email protected], [email protected].

 

Share.

Leave A Reply