Lima Sekawan Melangkah ke Akhir Pekan

0

Panggung nasional terbuka ke-37 menjadi latar bagi lima pegolf Indonesia untuk mulai membidik posisi terbaik setelah kelimanya memastikan lolos ke dua putaran final Bank BRI Indonesia Open. Kevin Caesario Akbar, George Gandranata, Naraajie Emerald Ramadhan Putra, Almay Rayhan Yaqutah, dan Jordan Surya Irawan akan mengusung bendera Indonesia hingga putaran final besok (15/7).

Kekecewaan terlihat di wajah beberapa pegolf Indonesia yang menuntaskan putaran kedua di Pondok Indah Golf Course kemarin (13/7). Meskipun beberapa di antaranya mencatatkan skor yang positif, namun ketidakpastian soal batas cut off jelas menimbulkan kecemasan.

George Gandranata mengungkapkan kekecewaannya, terutama setelah mendapat dua bogey di dua hole terakhirnya.

”Dua hole terakhir itu masih terpikirkan terus,” tuturnya. ”Sebenarnya, memang tidak boleh dipikirkan, tapi saya tidak finis dengan meyakinkan, lalu ada di batas cut off, sangat mengecewakan. Saya tahu saya main bagus, tapi justru mengakhiri putaran ini dengan sangat mengecewakan.”

George sempat membukukan 4-under hingga 16 hole, sampai akhirnya mendapat bogey di hole 8 dan 9.

”Saya mulai berpikir untuk agresif dan mencari tambahan birdie lagi, sama sekali tak memikirkan soal batas cut off,” ujarnya.

Kekecewaan pun terlihat di wajah Naraajie tatkala putting bernilai birdie di hole terakhir gagal. Sama seperti George, ia pun harus menuntaskan putaran kedua kemarin dengan skor 2-under 70 dan skor total even par 144. Dan sama seperti George, Naraajie pun memainkan putaran keduanya dengan sangat solid di mana ia membukukan enam birdie dan empat bogey. Saat itu batas cut off bahkan berada pada skor 1-under.

Almay Rayhan Yaqutah menjadi pegolf Indonesia ketiga pekan ini yang mencatatkan skor 74-70. Berbeda dengan George dan Naraajie, Almay bermain tanpa bogey dan membukukan 2-under 70 pada putaran kedua. Pun hal itu masih belum memupus awan mendung di kubu tuan rumah. Meskipun batas cut off telah bergeser dari 1-under menjadi even par, belum ada kepastian bahwa mereka yang bermain dengan skor total 144 bisa melaju.

”Semoga saja skor even par ini cukup,” harap George sembari melangkah menuju driving range.

Praktis hanya Kevin Caesario Akbar saja yang bisa bersikap lebih tenang. Ia berhasil mengulangi pencapaiannya pada hari pertama dengan kembali bermain 1-under 71. Skor total 2-under 142 miliknya jelas membuatnya bisa lebih fokus mempersiapkan diri menghadapi dua putaran final. Pada putaran kedua kemarin, Kevin membukukan dua birdie dan satu bogey.

Awan kelabu itu masih menggantung di atas para pemain tuan rumah, bahkan ketika batas cut off bergerak menjadi 1-over. Kecenderungan yang dinamis ini tidak menjamin bahwa dari even par ke 1-over tidak akan bergeser kembali menjadi even par atau bahkan 1-under sehingga tidak mengherankan jika George, Naraajie, dan Almay masih belum merasa tenang.

Peluang terakhir ada pada Jordan Surya Irawan. Masih dalam konteks 1-over sebagai batas cut off, Jordan memang telah bermain 2-over hingga hole 12 lantaran mencatatkan satu birdie dengan tiga bogey. Namun, ia berhasil mempertahankan permainannya dan bermain par hingga lima hole berikutnya. Setelah gagal mendapat birdie di hole 17, Jordan berhasil mencatatkan birdie yang sangat penting di hole 18.

Memainkan hole yang sangat menentukan itu, Jordan mengaku adrenalinnya bergejolak. Selain tuntutan untuk mendapatkan birdie di hole terakhir, bayangan kegagalan putting dari jarak pendek di hole 17 juga masih terbawa. Akibatnya, pukulan keduanya meleset ke rough sebelah kiri green.

Namun, performa short game Jordan pekan ini memang sangat prima. Setelah berhasil membantunya mengamankan sejumlah hole, kali ini short game-nya itu membawanya menjadi pemain Indonesia terakhir yang melaju ke putaran akhir pekan.

”Chipping di hole terakhir itu benar-benar di luar dugaan. Bola saya sebenarnya sudah hampir tidak terlihat, jadi saya hanya berharap bolanya keluar, masuk ke green, dan bergulir mendekati lubang,” ujarnya.

Dan seiring dengan berlalunya awan gelap yang sempat bergerak untuk menaungi lapangan di Pondok Indah Golf Course, awan kelam di kubu tuan rumah pun ikut sirna pula. Setelah tahun lalu hanya menempatkan tiga wakilnya pada putaran akhir pekan, kali ini lima pemain Indonesia akan berusaha mencatatkan prestasi terbaiknya.

Pegolf Thailand Natiphong Srithong dan pegolf Afrika Selatan Justin Harding berada di posisi teratas dengan catatan skor 11-under 133.

Putaran ketiga telah berlangsung dan perkembangan di lapangan bisa diikuti melalui https://www.asiantour.com/results/Bank-BRI-Indonesia-Open-t1114/3/live.

Share.

Leave A Reply