Klub Golf Bogor Raya, Golf dengan Nuansa Kebun

0

Tiap lapangan golf tentu memiliki ciri khas atau keunikannya tersendiri. Tidak mengherankan memang mengingat ciri khas yang benar-benar unik jelas akan membangkitkan rasa penasaran para pegolf. Mengombinasikan kenikmatan dan tantangan bermain golf yang khas dengan kekayaan alam dan panorama, Klub Golf Bogor Raya hadir sebagai lapangan golf yang unik.

Tahukah Anda, apa itu Phoenix dactilyfera? Bagaimana dengan Khaya senegalensis? Atau Veitchia mongomeriana? Nah, Anda mungkin mulai berpikir bahwa kami justru memulai kembali pelajaran Biologi ’kan? Tapi jika Anda berkunjung ke Klub Golf Bogor Raya, Anda bakal menemui nama-nama tersebut tiap kali Anda hendak melakukan tee off.

Klub Golf Bogor Raya, Golf dengan Nuansa Kebun 2

Garden Course Gate

Lapangan yang dibangun di atas lahan seluas 72 hektar ini mengambil konsep Garden Course, konsep yang diambil sekitar tahun 2004 untuk memberikan ciri khas yang tidak ditemukan di lapangan golf lainnya di Indonesia—konsep yang diterapkan sebelumnya merupakan Resort Course. Untuk mendukung konsep tersebut, pihak Klub Golf Bogor Raya memberikan nama-nama bunga/tumbuhan dalam bahasa Latin untuk tiap hole-nya.

Hole pembuka, hole 1, misalnya, diberi nama Phoenix dactilyfera, nama Latin untuk salah satu spesies pohon palm. Hole 3 diberi nama Pinus merkusii, nama Latin untuk pinus sumatra. Selain itu, tiap tahun pun lapangan golf ini menghadirkan tema yang senantiasa berbeda untuk memberi variasi yang menarik. Tahun sebelumnya, misalnya, tema yang dihadirkan ialah bunga matahari sehingga lapangan pun dihias dengan bunga matahari.

Adapun lapangan golfnya merupakan hasil polesan mantan pegolf papan atas Australia, Graham V. Marsh. Sebagai desainer, Marsh dikenal sebagai pribadi yang mencurahkan perhatiannya pada tiap tahap proses desain, mulai dari konsep perencanaan, rincian desain, hak untuk pembangunan, sampai peresmian lapangan. Desainer ini terkenal sangat menghargai tiap pukulan, berikut dengan estetika, kehalusan, dan lingkungan sekitarnya. Dan ciri khasnya ini sangat terlihat di lapangan Klub Golf Bogor Raya. Lapangan ini pun menjadi bukti dari betapa kuatnya karakter Graham yang dibangun dari pengalamannya bermain golf dan mendesain lapangan selama bertahun-tahun.

Lapangan ini memang tidak dibangun sebagai championship course, namun bukan berarti tidak memberikan tantangan. Bagi pegolf yang sudah cukup mahir, lapangan sepanjang 6.320 (dari Black Tee) ini akan senantiasa memberi tantangan tersendiri. Entah itu di fairway-nya, maupun di green. Sementara bagi pemain pemula, lapangan ini akan membantu mengembangkan kemampuan bermain, mengingat tiap hole didesain oleh Marsh untuk memberikan variasi, sekaligus menawarkan cara bermain yang menantang dan strategis.

Klub Golf Bogor Raya, Golf dengan Nuansa Kebun 3

Klub Golf Bogor Raya Course

Ketika memulai dari hole 1, tiap pegolf akan dihadapkan dengan pemandangan Gunung Salak yang indah. Selanjutnya, mata pun akan disegarkan oleh beragam variasi tumbuhan yang dihadirkan di tiap hole, yang dikombinasikan dengan sejumlah danau buatan dan sungai kecil yang mengalir di beberapa hole.

Salah satu penunjang konsep Garden Course ini, selain kekayaan vegetasinya, ialah lapangan ini pun menjadi habitat bagi sejumlah hewan. Angsa, yang menjadi maskot Klub Golf Bogor Raya, akan mudah ditemukan di sejumlah sudut, terutama di danau. Selain itu, tiap tahun pihak manajemen juga senantiasa melepas sekitar seribu burung, yang tidak mengherankan jika beberapa malah memilih untuk tinggal di sekitar lapangan.

Fakta-Fakta

Desainer: Graham V. Marsh
Dibuka pertama kali: 1996
Jumlah hole dan par: 18 hole dan 72 par
Jenis rumput: Bermuda grass
Ukuran lapangan:  Black Tee 6.320 m; Blue Tee 5.992 m; White Tee 5.597; Red Tee 4.913
Kecepatan green: 9,2-9,5 pada stimpmeter
Total anggota saat ini: 855 anggota
Fasilitas: Old Javanese Style dengan locker room mewah, sauna, massage, VIP Pavilion, grass driving range, klinik golf dengan pemain pro Indonesia
Penghargaan: Best Golf Course dari Asia Globe Magazine (2008); Best Service on Golf dari Indonesia Tourism Award (2006); Best Course dari Golf Digest Indonesia (2004)

Fasilitas Lain

Ruang locker — Klub Golf Bogor Raya memiliki ruang locker terbesar di Indonesia, dengan locker pria sebanyak 242, plus artifak-artifak bergaya Jawa dan perabotan gaya kolonial. Fasilitas lain di ruang locker ini ialah sauna, pijat, dan kursi santai.

Driving range — Menyediakan 20 bay dan dibuka dari pukul 6.00 sampai 17.00. Driving range ini menggunakan rumput alami, bukan mat, untuk memberikan nuansa yang lebih riil.

Klub Golf Bogor Raya, Golf dengan Nuansa Kebun - Golf Cart

Golf Cart

Tondano & Terrace Restaurant — Ruang restoran yang nyaman dengan dengan menyediakan beragam jenis masakan, mulai dari masakan Nusantara, Korea, Cina, Jepang, dan Barat. Kebijakan menentukan tema khas pun diterapkan di restoran ini. Jadi, jangan heran jika suatu saat Anda ditawarkan beragam variasi masakan ikan patin, misalnya.

Batur Room — Ruangan ini dirancang untuk menjadi ruang pertemuan dan gathering perusahaan yang sempurna, dengan kapasitas 20-60 orang, baik untuk santap siang dan santap malam.

Golf Clinic — Klub Golf Bogor Raya juga menyediakan klinik golf bersama Sanusi, salah seorang pegolf profesional Indonesia.

Paviliun VIP — Paviliun ini menjadi salah satu fasilitas unggulan di Klub Golf Bogor Raya. Dengan fasilitas eksklusif berupa akses langsung dari tempat parkir menuju paviliun yang lengkap dengan lounge dan ruang dining, plus ruang locker, televisi dan layanan personal lainnya. Selain itu, paviliun ini memberi akses langsung menuju lapangan golf.

Paviliun Poso, salah satu paviliun VIP yang tersedia, merupakan paviliun favorit Presiden SBY jika bermain di Klub Golf Bogor Raya. Meski ruangnya tidak terlalu besar, paviliun ini langsung menghadap ke lapangan golf dan menjadi tempat melepas lelah yang ideal setelah bermain satu putaran.

Pada bulan April ini, Klub Golf Bogor Raya juga meresmikan paviliun VIP terbaru, Paviliun Matana. Meskipun memberikan fasilitas yang tidak terlalu berbeda daripada pavilun VIP sebelumnya—locker room, shower, living room, LCD TV dengan siaran global, meja makan—ruang VIP terbaru ini memiliki kapasitas yang lebih besar, mencapai 40 orang. Paviliun Matana ini memang sengaja dihadirkan untuk menjawab kebutuhan pelanggan Klub Golf Bogor Raya, khususnya dari kalangan korporat yang gemar mengadakan gathering perusahaan dalam jumlah yang relatif kecil.

Sentuhan Terkini – Klub Golf Bogor Raya saat ini mulai membenahi lapangan. Selain menambah dekorasi di lapangan, pihak pengelola lapangan juga merenovasi bunker dengan mengganti pasir bunker. Dari sisi fasilitas lain, pengelola juga telah mendatangkan golf cart terbaru. Saat ini total ada 300 kedi, 10 di antaranya kedi laki-laki, dan 150 golf cart.

Turnamen Klub – Klub Golf Bogor Raya menjadi salah satu klub golf yang rutin mengadakan turnamen bagi membernya. Festival of Golf yang digelar pada bulan Juli merupakan turnamen besar klub ini—penyelenggaraan tahun ini akan menjadi penyelenggaan ke-16. Tahun lalu, turnamen prestisius ini diikuti oleh 1.093 peserta.

  • Teks Raka S. Kurnia
  • Foto Taufik D.

Review dan Lokasi Klub Golf Bogor Raya

0% Awesome

Golf Estate Bogor Raya
Bogor, Jawa Barat, 16710
T: +62 251 8271888
F: +62 251 8271777
E: [email protected]
W: http://www.bogorraya.or.id/

  • User Ratings (1 Votes) 88 %
Share.

Leave A Reply