Kiradech Meramaikan Persaingan pada U.S. Open

0

Dari sekadar menembus putaran akhir pekan pada batas cut off, Kiradech Aphibarnrat kini malah meramaikan persaingan pada U.S. Open. Pada putaran ketiga, pegolf berusia 28 tahun ini berhasil menampilkan permainan yang mengesankan dengan membukukan skor 2-under 68 di Shinnecock Hills Golf Club dengan memanfaatkan waktu bermain pagi hari.

Pada putarna ketiga itu, ia membukukan lima birdie dengan tiga bogey. Dengan skor total 6-over 216, peringkatnya pun melambung dari 51 pada awal putaran ketiga menjadi T7 sebelum memulai putaran final nanti.

Kiradech menjadi satu dari hanya tiga pemain yang bisa bermain under pada ajang Major kedua pada tahun ini. Dua pegolf lainnya adalah Daniel Berger dan Tony Finau yang sama-sama membukukan skor 66. Posisinya kali ini jelas memberinya peluang untuk melakukan dua pencapaian besar: memenangkan Major dan memastikan kartu PGA TOUR untuk musim 2018-2019.

”Bermain pada ajang U.S. Open selalu memberi tekanan. Tapi bisa bermain pada akhir pekan jelas memberikan pekan yang luar biasa. Dan bisa melambungkan peringkat saya sejauh ini, saya hanya sekadar berusaha melakukan semua yang saya bisa untuk menuntaskan permainan saya, menjaga agar bola tetap di fairway dan berharap mendapat hari yang bagus,” ujar Kiradech yang sempat finis di lima besar pada dua ajang World Golf Championships—Mexico Championship dan Dell Technologies Match Play.

Pegolf yang kini berperingkat 31 dunia ini berhasil memukul bolanya ke semua fairway. Hal inilah yang jelas mempermudahnya untuk mencatatkan skor 68. Ia mendapat bogey di hole 3 setelah bolanya masuk ke bunker di sebelah green, tapi berhasil mencatatkan birdie di hole 4, 5, dan 8 dengan memasukkan putt dari jarak di bawah 10 kaki. Ia masih menambah dua birdie lagi di hole 12 dan 17, tapi menorehkan dua bogey di hole 13 dan 14, yang sudah cukup memberinya skor under dalam dua penampilannya pada ajang U.S. Open.

Setelah menanti sekitar empat setengah jam seusai melaporkan kartu skornya, dan setelah para pegolf yang berada di jajaran atas pun mengalami kesulitan memainkan putaran ketiga, Kiradech akhirnya memastikan peringkatnya di zona sepuluh besar dalam pertama kalinya dalam kariernya yang tengah berkembang.

Tentu saja ia harus mengulangi permainannya yang luar biasa dan tetap bersabar pada putaran hari Minggu (17/6) ini agar memperbesar kesempatannya mengikuti jejak Y.E. Yang dalam menjuarai ajang Major.

”Kalau angin berembus, lapangan ini akan menjadi lapangan yang sepenuhnya berbeda. Sungguh sulit memukul bola ke fairway, dan Anda akan sulit menghentikan bola di green. Posisi pin juga sangat sulit. Anda harus sabar dan tenang dalam melakukan pukulan,” ujar Kiradech yang akan bermain bersama juara The Masters Patrick Reed.

Juara bertahan Brooks Koepka bermain 2-over 72 setelah membukukan empat bogey dan dua birdie. Ia akan memulai putaran final sebagai salah satu pimpinan klasemen bersama Berger, Finau, dan Dustin Johnson. Mereka mencatatkan skor 3-over 213, hanya tiga stroke lebih baik daripada Kiradech.

Juara U.S. Open 2013 Justin Rose berada di posisi kelima dengan skor 4-over 214. Sedangkan juara The Open 2016 Henrik Stenson berada di tempat keenam dengan skor 5-over 215.

Share.

Leave A Reply