Kiradech Kian Dekat Meraih Kartu PGA TOUR

0

Pegolf Thailand Kiradech Aphibarnrat kian dekat meraih kartu PGA TOUR setelah menunjukkan  perjuangan luar biasa pada THE PLAYERS Championship yang baru saja berakhir. Ia berhasil finis di peringkat T30 dengan total skor 8-under 280.

Mengawali putaran final di posisi T55, Kiradech sempat menorehkan namanya di jajaran atas klasemen lantaran membukukan sebuah eagle dan enam birdie hingga hole 16. Meskipun pimpinan klasemen saat itu belum memulai putaran finalnya, toh Kiradech menunjukkan ia tinggal selangkah lagi mendapat keanggotaan penuh PGA TOUR.

Melangkah ke hole 17, bayangan double bogey yang ia peroleh pada putaran ketiga tentulah terlintas. Namun, di satu sisi, Kiradech berpeluang menyamai rekor lapangan, 63 yang dibukukan Webb Simpson pada putaran kedua. Ia pun memutuskan untuk bermain agresif di hole 17 tersebut.

Sayangnya, ia justru keliru mengukur dua pukulannya sehingga dua kali pula bolanya harus masuk air. Ia pun harus menuntaskan hole tersebut dengan skor quadruple bogey atau 4-over. Ia pun akhirnya menuntaskan putaran final dengan skor 5-under 67 dan mengakhiri penampilannya di TPC Sawgrass di posisi T30.

Ia memang mengakhiri putaran final itu dengan birdie di hole terakhir, namun peristiwa di hole 17 memang bakal membekas.

”Saya tak ingin membahasnya. Hole 17 … saya main 6-over pekan ini, itu juga dalam dua hari terakhir. Dua bola yang masuk ke air itu merenggut kartu PGA TOUR dari genggaman saya dan menyakitkan rasanya,” tutur Kiradech.

”Sebenarnya saya mengawali dengan bagus. Semuanya berjalan sesuai yang saya inginkan. Saya pikir saya mendapatkan permainan terbaik saya lebih awal dan mempertahankannya sepanjang hari. Tak satu pukulan pun meleset. Mungkin satu pukulan buruk terjadi di hole 3 ketika saya memainkan 7-iron saya sedikit terlalu jauh, tapi saya masih bisa mendapat par di sana.”

Menyinggung skor terburuknya di hole 17, Kiradech mengaku bimbang memilih antara dua club.

”Ada jarak 126 yard untuk melintasi air dan 31 yard menuju pin. Saya memukul wedge saya, melakukan pukulan penuh dengan wedge yang saya bisa sekitar 125, maksimal 127 yard. Dan saya yakin ada dorongan angin dari kanan. Jadi, saya berusaha memukul sekuat mungkin, tapi justru meleset. Pukulan saya meleset dan kurang sekitar 2 yard. Saya memutuskan untuk tidak ke drop area karena lie di drop area itu kasar dan sulit. Jadi, saya melakukan pukulan dari tee, dengan wedge lainnya, tapi pukulan saya terlalu pelan dan pukulan saya meleset lagi (ke air),” papar Kiradech.

Meskipun finis di peringkat T30, ia masih mendapatkan pon FedExCup sebesar 26,87 sehingga total poinnya menjadi 290. Poin ini sudah cukup baginya untuk mengamankan Special Temporary Membership, yang kini memberinya sponsor exemption tanpa batas untuk seluruh sisa musim 2017-2018 pada PGA TOUR. Namun, Kiradech mesti menembus 125 besar pada akhir musim, yang diperkirakan sekitar 365 poin, untuk bisa meraih kartu PGA TOUR musim 2018-2019.

”Saya sadar bahwa saya belajar dari bermain di lapangan-lapangan yang lebih sulit, tapi hole 17 merupakan satu peluang dan Anda bisa meninggalkan hole itu dengan birdie, hole itu par 3 pendek. Tapi saya pikir saya terlalu agresif dan saat berada di bawah tekanan dan, pada satu titik, saya juga mencari rekor lapangan. Saya sudah main 8-under dan tidak mendapat birdie di hole 16. Entahlah, mendadak pemikiran itu muncul dalam benak saya, tapi hal ini bukanlah masalah besar,” ujarnya lagi.

Pegolf Amerika Serikat Webb Simpson akhirnya keluar sebagai juara setelah menamplkan performa luar biasa dan menuntaskan ajang ini dengan total 18-under 270.

Share.

Leave A Reply