Kevin Akbar Memimpin Tim Indonesia Menuju Vietnam

0

Kevin Caesario Akbar berhasil menjadi pemain terbaik pada gelaran 11th Faldo Series Indonesia Championship yang digelar di Damai Indah Golf Bumi Serpong Damai Course kemarin (14/2) dan akan memimpin Tim Indonesia menuju Vietnam untuk mengikuti Faldo Series Asia Grand Final.

Pegolf muda ini melanjutkan performa gemilangnya ketika berhasil menembus 32 besar pada New South Wales Amateur Championship pada awal Februari lalu. Bermain pada kategori U-21 pada edisi ke-11 Faldo Series Indonesia Championship ini, Kevin menampilkan performa yang solid dalam dua putaran awal dengan 71-72. Praktis pesaing terdekatnya untuk meraih Best Gross Overall hanyalah Gabriel Hansel Hari (U-16) yang bermain even par 144 dan berpaut hanya satu stroke dari Kevin.

Namun, pada putaran final yang kemarin, Kevin menunjukkan kematangan permainannya. Pemain yang beberapa kali meraih status Lowest Amateur pada Indonesian Golf Tour—sirkuit profesional Indonesia yang membuka peluang bagi pemain amatir untuk ikut berkompetisi—ini sukses membukukan 2-under di sembilan hole pertamanya berkat birdie di hole 7 dan 8.

Kevin kemudian menambahkan birdie lagi di hole 14. Meskipun sempat mendapat bogey di hole 17, yang menjadi satu-satunya bogey baginya pada putaran final tersebut, Kevin menyudahi turnamen ini dengan birdie di hole 18 untuk memastikan kemenangan total 4-under 212.

Sementara itu, Patricia Sinolungan berhasil menjadi pegolf terbaik di kategori putri. Turun dalam kelas U-16, kemenangan pegolf yang akrab disapa Patty ini sudah terlihat ketika ia memimpin pada akhir putaran kedua dengan skor even par 144.

Bermain dari hole 10 pada putaran finalnya, Patty sempat membukukan 2-under setelah memainkan delapan hole. Ia membukukan tiga birdie di hole 12, 14, dan 17, dengan bogey di hole 16. Sayangnya, ia justru mendapatkan double bogey di hole 18.

Patty sempat mendapat bogey lagi di hole 5, namun berhasil mendapatkan birdie keempatnya di hole 7. Ia menyudahi turnamen ini dan memastikan juara setelah mencatatkan dua par di dua hole terakhirnya dengan keunggulan 5 stroke dari Michela Tjan yang berlaga pada kategori U-18. Michela sendiri berhasil menjuarai kategori U-18 setelah unggul 3 stroke dari Ribka Vania.

Dengan demikian, Tim Indonesia akan diwakili oleh Kevin Caesario Akbar, Gabriel Hansel Hari, Michela Tjan, dan Patricia Sinolungan untuk berlaga di Laguna Lang Co, Danang, Vietnam pada 1-3 Maret 2018 mendatang.

”Kita harapkan pemain-pemain yang akan dikirimkan dua minggu lagi ini bisa mempersiapkan diri dengan baik,” tutur peraih 8 gelar juara All England ini.

”Yang harus dilakukan adalah persiapan agar tidak mengalami tekanan mental dan ada keyakinan pada dirinya, serta punya strategi yang tepat,” sambungnya lagi.

Meskipun Faldo Series Asia Grand Final merupakan turnamen kategori F pada World Amateur Golf Ranking, bukan berarti persaingan akan mudah. Para pegolf Indonesia nantinya akan berhadapan dengan para pemain terbaik dari Australia, Bangladesh, Kamboja, Cina Taipei, Hong Kong, Jepang, Korea, Malaysia, Nepal, Selandia Baru, Pakistan, Filipina, Singapura, dan Vietnam.

Share.

Leave A Reply