Kejutan Ala Rifqi Alam pada OB Golf Invitational

0

Rifqi Alam menampilkan performa yang solid dalam putaran awal OB Golf Invitational yang dimulai hari ini (21/3). Pegolf yang masih berstatus amatir ini mencatatkan skor 3-under 68 dan untuk sementara berbagi peringkat kedua dengan Shohei Hasegawa dan hanya berpaut satu stroke dari pimpinan sementara asal Amerika John Catlin. Untuk sementara ia pun memimpin tim tuan rumah.

Pegolf berusia 20 tahun ini kembali ke Gunung Geulis Country Club East Course berbekal hasil yang cukup positif setelah berlaga pada Indonesian Golf Tour (IGT) Seri 2 yang digelar di lapangan yang sama, pekan lalu. Kala itu Rifqi membukukan skor 1-under 212 dan finis di peringkat T7.

Dalam turnamen Asian Development Tour (ADT) kali ini performanya pada putaran pertama tadi malah jauh lebih baik ketika ia berlaga pada ajang IGT tersebut. Namun, bukan berarti permainannya berjalan mulus. Belum lagi fakta bahwa ia bermain dalam kondisi tubuh yang tidak sepenuhnya fit. Ia, misalnya, harus mendapat bogey di hole 3. Dan birdie pertama yang ia bukukan di hole 5 justru dilanjutkan dengan bogey di hole 6.

Namun, performanya justru berubah drastis ketika memainkan sembilan hole terakhirnya. Diawali dengan tiga birdie berturut-turut di hole 12, 13, dan 14, Rifqi berhasil melakukan hole-in-one di hole 16. Ini merupakan hole-in-one keduanya selama bermain golf, sekaligus yang pertama ia lakukan dalam pertandingan profesional.

”Di hole 16 itu saya mengukur total jarak dari yardage book 180 meter. Saya menggunakan 5-iron dan mencari posisi set-up yang nyaman, lalu melakukan pukulan tanpa banyak berpikir,” tutur Rifqi.

”Pukulan saya cukup lurus mengarah ke pin. Saya kira bola bakal lewat 2-3 meter, tapi kedi yang bertugas di dekat leaderboard tiba-tiba bertepuk tangan. Saya kaget juga karena tidak mengira bolanya bakal masuk.”

Meskipun menutup putaran pertamanya dengan bogey di hole 18, Rifqi berhasil menunjukkan tingkat kompetitif yang luar biasa pada level ADT ini. Padahal kondisi fisiknya justru tidak dalam kondisi prima.

”Hari ini saya lebih ke pasrah pada permainan. Kondisi badan saya sedang tidak fit. Saya merasa sedikit demam sehingga lebih mengandalkan putting,” sambung Rifqi lagi. ”Putting saya hari ini sangat membantu, khususnya di jarak 2 meter yang berkali-kali menjadi penyelamat par saya.”

Pegolf yang berperingkat 813 pada World Amateur Golf Ranking ini menambahkan, performa putter dan permainan iron-nya menjadi kunci dari performa bagusnya. Selain itu, bermain pada IGT Seri 2 pekan lalu turut membantunya bermain di green East Course, meskipun penempatan posisi pin kali ini terbilang lebih sulit ketimbang pekan lalu.

Sementara itu, pegolf amatir nomor satu Indonesia, Naraajie Emerald Ramadhan Putra hari ini mencatatkan 6 birdie, namun justru mendapat 4 bogey sehingga ia mengumpulkan 2-under 69. Untuk sementara Naraajie berada di peringkat T4, salah satunya bersama begolf Swedia yang juga merupakan wajah regular pada ajang IGT, Stephen Lindskog yang tadi bermain dengan 3 birdie dan sebuah bogey.

Dua pegolf profesional Indonesia, George Gandranata dan Rinaldi Adiyandono hari ini juga bermain under dengan sama-sama mencatatkan skor 70. Sama-sama bermain dari hole 10, keduanya menuai skor berbeda pada sembilan hole pertamanya. Rinaldi mencatatkan 3 birdie dengan 2 bogey, sementara George bermain 2 bogey dengan sebuah eagle di hole 7. Di sembilan hole terakhir, giliran George yang menorehkan 1-under berkat 3 birdie dengan 2 bogey. Sementara Rinaldi hanya bermain even lantaran birdie di hole 12 harus pupus lantaran bogey di hole 14.

Adapun John Catlin tampaknya masih melanjutkan relasi indahnya dengan Gunung Geulis Country Club. Meskipun sempat menang di lapangan ini, dua tahun lalu, baru kali inilah Catlin memainkan East Course. Tadi ia bermain dengan skor 4-under 67 dengan 6 birdie dan dua bogey. Catlin juga menjadi satu dari hanya dua pegolf di jajaran sepuluh besar yang berhasil mendapat birdie di hole 18.

Sayangnya, hujan deras bercampur petir yang terjadi pada pukul 12:02 siang tadi memaksa pertandingan dihentikan dan baru dilanjutkan lagi pukul 15:30. Akibatnya, 61 pemain tidak dapat menuntaskan putaran pertama mereka setelah pertandingan dihentikan pukul 18:00. Mereka harus kembali lagi pukul 08:30 besok untuk melanjutkan putaran pertama.

Share.

Leave A Reply