Kaum Wanita Unjuk Gigi

0

Mercedes-Benz Indonesia memulai kampanye She’s Mercedes pada tahun 2018 seiring dengan peringatan Hari Perempuan Internasional yang ketepatan mengusung tema ”Be for bold for change”. Tidak mengherankan jika Mercedes-Benz Indonesia memanfaatkan momen ini untuk kampanye tersebut, mengingat kaum wanita sendiri telah memberi dampak pada perusahaan asal Jerman ini.

Persisnya pada akhir abad ke-19, kaum wanita yang hidup masa itu telah menunjukkan tekad yang kuat dan menjadi pionir mobilitas yang berhasil menentang perlawanan di masyarakat. Bahkan nama merek Mercedes-Benz berasal dari nama Mercedes Jelinek putri pengusaha Austria yang merintis penjualan kendaraan Daimler pada tahun 1898 dan nama Berta Benz, yang melakukan perjalanan jarak jauh pertama pada masa awal kendaraan bermotor. Inisiatif She’s Mercedes ini kian memberikan sorotan terhadap kebutuhan para wanita.

”Kaum wanita adalah kelompok konsumen yang tumbuh paling cepat dan paling berpengaruh di dunia,” kata Roelof Lamberts, Presiden dan CEO PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia. ”Tujuan kami adalah menanggapi keinginan dan kebutuhan para wanita secara holistic—mulai dari penjualan, komunikasi hingga layanan. Dalam beberapa tahun mendatang, kami ingin menjadikan Mercedes-Benz sebagai merek mobil premium paling atraktif di dunia bagi kaum wanita serta meningkatkan proporsi pelanggan wanita kami.”

Inisiatif pertama She’s Mercedes tahun ini digarap bersama Codeltra Asia melalui acara She’s Mercedes Luncheon yang diadakan di Alto Restaurant and Bar, Four Seasons Hotel, Jakarta. Fokus acara She’s Mercedes yang eksklusif tersebut ditempatkan pada jaringan pemberdayaan wanita.

Sherly Worth, Pendiri dan CEO Codeltra Asia mengatakan, ”Kami senang dapat bermitra dengan Mercedes-Benz pada acara yang menyoroti pemberdayaan wanita ini. Kami percaya bahwa kunci keberhasilan bagi wanita terletak dalam penggunaan soft skills yang kita semua kuasai, namun jarang sekali terpikirkan. Inisiatif She’s Mercedes ini menetapkan fondasi yang kuat dalam membangun sebuah jaringan.”

Platform inspirasi She’s Mercedes memungkinkan terjadinya komunikasi yang ditargetkan dengan dan antar kaum wanita. Dengan mengadakan acara global dan kesempatan membangun sebuah jaringan, She’s Mercedes mengajak pertukaran pandangan dan informasi secara reguler. Melalui majalah dan juga jaringan She’s Mercedes, para wanita menarik dari beragam bidang dan sektor berbagi wawasan mengenai dunia kehidupan mereka serta mengundang adanya dialog. Kisah sukses dari bidang profesional dan pribadi mereka diharapkan akan menginspirasi banyak orang dalam memulai jalan kehidupan mereka sendiri.

Inisiatif ini telah mendapatkan respons yang luar biasa: lebih dari 5.000 wanita telah ikut serta dalam berbagai acara She’s Mercedes di seluruh dunia. Tahun lalu, Mercedes-Benz Indonesia juga sukses menggelar She’s Mercedes Ladies Golf  ke-2. Turnamen golf bergengsi yang dimulai pada tahun 2016 ini merupakan yang pertama dalam segmen otomotif premium yang diperuntukkan bagi kaum wanita dengan latar belakang yang berbeda dari berbagai industri. Dengan dimulainya She’s Mercedes Ladies Golf, Mercedes-Benz Indonesia memelopori penciptaan cara-cara unik dalam dunia olahraga dan rekreasi yang ditujukan khusus untuk menginspirasi dan menghubungkan wanita dari berbagai bidang dalam menunjukkan kemampuan terbaik mereka.

Daimler, perusahaan induk Mercedes-Benz, telah menetapkan sasaran peningkatan proporsi wanita dalam posisi manajemen hingga 20% pada tahun 2020. Persentase tersebut terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir dan saat ini telah mencapai lebih dari 15%. Bersama Renata Jungo Brüngger dan Britta Seeger, Daimler memiliki dua wanita yang duduk di Dewan Manajemen, setara dengan persentase wanita sebesar 25%. Manajemen keragaman telah tertanam kuat di dalam strategi perusahaan sejak tahun 2005 dan memberikan kontribusi yang menentukan bagi kesuksesan perusahaan.

Daimler menekankan pentingnya tenaga kerja yang beragam serta memanfaatkan pengalaman, perspektif dan keterampilan yang berbeda. Manajemen keragaman yang aktif mencakup berbagai peluang kualifikasi, lokakarya dan acara yang diperuntukkan bagi kaum wanita, namun juga bagi kaum pria, serta sejumlah program mentoring.

Share.

Leave A Reply