Jordan dan Jonathan Memimpin IGT Seri 4

0

Putaran pertama ajang Indonesian Golf Tour (IGT) Seri 4 yang dimulai hari ini (22/4) menempatkan dua nama di puncak klasemen sementara. Jordan Surya Irawan dan Jonathan Wijono mengakhiri putaran pertama dengan sama-sama mencatatkan skor 5-under 67. Kedua pegolf berbeda status ini unggul satu stroke dari pegolf senior Indra Hermawan.

Jordan mematok skor terendah setelah ia menuntaskan putaran pertamanya terlebih dahulu. Bermain dari hole 10, pegolf kelahiran Solo ini mendapat suntikan semangat setelah mendapat birdie di hole pertamanya itu. Ia bahkan menambah dua birdie lagi di hole 17 dan 18 untuk bermain 3-under di sembilan hole pertamanya.

”Tidak ada rahasia khusus, tapi saya berhasil melawan ego untuk tidak bermain agresif,” tutur Jordan.

Dikenal sebagai pegolf yang temperamen, emosi memang sering menjadi tantangan besar bagi Jordan. Namun, kali pada putaran pertama ini ia berhasil mempertahankan emosinya. Hal itu terlihat jelas saat ia mendapat bogey di hole 1.

”Di hole itu saya terpaksa melakukan 3 putt lantaran salah melakukan pukulan ketiga. Pin ada di depan, sementara bola saya on di belakang,” tutur Jordan.

Dan itu menjadi satu-satunya bogey bagi Jordan karena ia malah berhasil menambah tiga birdie lagi. Ia sempat memimpin klasemen sendirian lantaran dari para peserta yang bermain pada sesi pagi, skor 67 miliknya adalah yang terbaik.

Pemegang satu gelar IGT ini—Jordan menjuarai IGT Seri 1 musim 2016—mengaku tidak memikirkan skor sama sekali. Dan fokusnya pada rencana permainan tampaknya sukses membantunya untuk mengurangi kesalahan dan terbawa emosi.

”Saya hanya berusaha untuk memukul ke fairway dan green. Saya hanya memikirkan rencana permainan saja, sama sekali tidak memikirkan skor. Bahkan saya baru tahu sempat bermain 3-under setelah memainkan 12 hole,” paparnya.

Posisi Jordan di puncak klasemen memang hanya bertahan beberapa jam saja. Pegolf asal Jawa Timur, Jonathan Wijono, sukses menyamai perolehan skornya tadi. Dan sama seperti Jordan, Jonathan juga mencatatkan enam birdie dengan sebuah bogey.

Sempat mencatatkan prestasi terbaiknya pada ajang IGT dengan finis T2 pada IGT Seri 3 bulan lalu, Jonathan kini membuka peluang untuk mengikuti jejak rekan amatirnya, Naraajie Emerald Ramadhan Putra yang sukses menjuarai Seri 3.

Bermain dari hole pertama di Riverside Golf Club, Jonathan langsung membukukan tiga birdie dalam lima hole pertamanya. Dan sama seperti Jordan, satu-satunya bogey ia peroleh di sembilan hole terakhirnya, yaitu di hole 11. Dari situ Jonathan sukses bermain par hingga menambah tiga birdie lagi di empat hole terakhirnya.

Jonathan menuturkan bahwa permainannya pada putaran pertama ini memang dalam kondisi yang solid.

”Tee off saya hari ini sedang bagus-bagusnya. Kebanyakan pukulan saya bisa lurus,” tutur Jonathan. ”Pukulan approach saya juga sedang bagus sehingga jarak yang tersisa untuk putting rata-rata kurang dari 5 meter sehingga ada banyak peluang birdie.”

Pegolf senior Indra Hermawan untuk sementara berada di peringkat ketiga. Hari ini Indra membukukam skor 4-under 68. Ia sempat bermain 3-under di sembilan hole pertamanya berkat empat birdie dan satu bogey. Ia bahkan berpeluang untuk memimpin klasemen hari pertama setelah bermain 6-under hingga hole ke-17. Sayangnya, di hole terakhir ia justru mendapat double bogey sehingga harus berada di posisi ketiga.

Sementara itu, salah satu runner-up IGT Seri 3, Kevin Caesario Akbar hari ini bermain 3-under 69 setelah mencatatkan lima birdie dengan dua bogey.

Juara IGT 3, Naraajie, untuk sementara harus puas bermain dengan skor even par. Ia berada di peringkat ketujuh bersama pegolf amatir lainnya, Almay Rayhan Yaqutah dan tiga pegolf profesional, Syukrizal, Maan Nasim, dan Syahabudin.

Pada putaran pertama ini, praktis hanya ada enam pegolf yang sanggup bermain under. Selain keempat pegolf tersebut, Supriyatna tadi mencatatkan skor 2-under 70, sementara pegolf Swedia Stephen Lindskog membukukan skor 71.

Adapun George Gandranata, yang berstatus juara bertahan di Riverside Golf Club, setelah menjuarai Seri 5 pada musim 2017 lalu, bermain 1-over 73.

Share.

Leave A Reply