Indonesia Siap Menyambut Tantangan

0

Gelaran Indonesian Golf Tour (IGT) Series 2 yang hanya sepekan sebelum penyelenggaraan OB Golf Invitational telah membuat para pegolf Indonesia siap menyambut tantangan ketika turnamen level Asian Development Tour (ADT) tersebut siap digelar 21-24 Maret 2018 besok.

Pekan lalu, untuk kedua kalinya para pegolf profesional dan top amatir Indonesia memainkan East Course Gunung Geulis Country Club, yang pekan ini akan dimainkan juga untuk ajang ADT tersebut. Sebelumnya, lapangan tersebut telah dimainkan pula pada IGT Grand Final musim 2017 lalu.

Hal ini membuat para pegolf Indonesia sudah selangkah lebih siap daripada para pegolf ADT yang baru mulai melakukan putaran latihan mereka kemarin dan hari ini. Peluang untuk mencatat prestasi maksimal pun kian terbuka melihat performa sejumlah pegolf papan atas Indonesia.

Salah satu yang jelas memiliki peluang bagus tentunya datang dari George Gandranata. Pegolf Indonesia pertama yang memenangkan ajang ADT ini menunjukkan grafik performa yang meningkat ketika kembali ke East Course Gunung Geulis Country Club pekan lalu.

Pada ajang IGT Grand Final tahun lalu, George mencatatkan skor 73-72-69 ketika East Course dimainkan sebagai lapangan 71 par. Dengan total skor 1-over 214, kala itu ia finis di peringkat T6.

Namun, pekan lalu ia berhasil memperbaiki permainannya hingga 7 stroke lebih baik. Pekan lalu George berturut-turut membukukan skor 69. Dengnan total 6-under 207, ia pun finis di posisi yang lebih baik lagi, yaitu T3.

Dua turnamen di lapangan yang sama membantunya untuk lebih memahami strategi yang ia butuhkan untuk main maksimal pekan ini. ”Untuk memaksimalkan permainan, saya harus menaruh bola di tempat yang benar. Artinya, penempatan bola itu penting untuk bisa menyerang dan mendapat birdie,” tuturnya.

George menambahkan, meskipun performanya bagus, ia sebenarnya memiliki peluang yang juga bagus untuk bisa kembali menjadi juara.

”Tentu saja saya ingin menang lagi dan hasil yang saya dapatkan pada IGT Seri 1 memberi saya harapan. Namun, pekan lalu ada beberapa peluang yang terbuang dan itu membuat saya sedikit kesal,” ujarnya.

”Sebenarnya, saya bisa main lebih bagus, tapi sayangnya saya gagal memanfaatkan peluang di hole 7. Itulah yang membuat saya kurang puas.”

Kembali turun pada ajang  ADT setelah dua pekan sebelumnya juga bertanding di Brunei Darussalam, George akan mengandalkan performa short game-nya yang memang sedang bagus.

”Saya hanya perlu beberapa putt untuk bisa masuk karena memang sulit membaca green di sini. Mudah-mudahan saya bisa memasukkan banyak putt pekan ini,” tutupnya.

Jelas tak hanya George yang siap menghadapi ajang ADT pertama di Indonesia ini. Danny Masrin juga tengah berada dalam performa yang prima setelah dua kali menjadi juara di East Course ini. Selain itu, permainannya pada ajang ADT di Brunei Darussalam dua pekan lalu juga amat baik. Kala itu ia finis di peringkat T4.

Kesiapan untuk pekan ini juga ditegaskan oleh salah satu bintang muda Indonesia, Joshua Andrew Wirawan. Pegolf asal Surabaya ini mencatatkan prestasi terbaiknya pada ajang ADT ketika mengikuti turnamen di Brunei Darussalam dua pekan silam. Kala itu ia berhasil main dengan total skor 11-under 273 dan finis di posisi T6.

Performa driver-nya yang lurus kala itu menjadi kunci ketika memainkan lapangan yang sempit di Brunei. Meskipun fairway di East Course terbilang cukup lebar, akurasi driver jelas masih akan menjadi senjata berharga bagi pegolf yang akrab disapa Andrew ini.

Kembali memainkan lapangan yang sama setelah pekan lalu finis di peringkat T12—catatan skornya pada IGT Seri 2 pekan lalu masih lebih baik ketimbang pada IGT Grand Final 2017—Andrew telah mempersiapkan diri dengan lebih baik.

”Pukulan kedua saya ke green pada IGT pekan lalu jelek sekali. Sebelum menuju pekan ini, saya sudah membenahi sedikit dari segi Teknik, jadi untuk ADT pekan ini saya sudah lebih siap,” imbuhnya lagi.

”Di Gunung Geulis ini kita harus sabar. Tidak usah terlalu agresif karena sebenarnya ada banyak hole yang berpotensi memberi birdie.”

Dengan bekal performa di Brunei dan perbaikan teknik jelang pekan ini, bisa jadi Andrew akan memberi kejutan.

Share.

Leave A Reply