Grillo Menyamai Rekor Lapangan dan Memimpin Hero Indian Open

0

Mencatatkan skor yang menyamai rekor lapangan jelas menjadi hal yang istimewa. Apalagi jika membuatnya memimpin perburuan gelar. Demikianlah Emiliano Grillo ketika kemarin (8/3) membukukan skor 7-under 65 di DLF Golf and Country Club pada putaran pertama Hero Indian Open, dan menyamai rekor yang dibukukan Gavin Green tahun lalu.

Pegolf  asal Argentina yang memegang satu gelar PGA TOUR ini sempat mendapat birdie dan bogey di dua hole pertamanya. Namun, bogey di hole dua itu menjadi satu-satunya bogey yang ia bukukan di lapangan garapan Gary Player tersebut. Ia berhasil menambah tujuh birdie lagi, termasuk menuntaskan putaran pertama tersebut dengan birdie di hole 18.

”Saya nyaris memainkan permainan yang sempurna di lapangan ini. Ini lapangan yang sangat sulit. Tapi saya sangat senang dengan cara saya menangani permainan saya. Lapangannya tak mudah, tapi saya masih bisa memasukkan sejumlah putt dengan baik dan memukul ke fairway ketika dibutuhkan,” papar Grillo yang memenangkan Fry.com Open 2016.

Grillo melanjutkan, meskipun kali ini ia bisa bermain dengan skor 65, jika bermain di lapangan yang berbeda ia bisa saja membukukan 59 dengan permainannya kemarin. Ini menggambarkan bahwa lapangan DLF Golf and Country Club merupakan salah satu lapangan yang sangat sulit.

Omongan Grillo tersebut memang bukan sembarangan. Hole-hole di lapangan ini dirancang untuk memberikan ujian bagi para pegolf Asian Tour dan European Tour yang berlaga pekan ini. Dengan sejumlah hole yang ditempatkan pada lokasi yang sulit, plus bunker-bunker yang bakal menjebak pukulan yang meleset dari target, tak sedikit pula dari para pegolf yang bermain dengan sekor besar kemarin.

Pegolf nomor satu Asian Tour 2016 asal Australia Scott Hend kemarin membukukan skor 10-over 82. Pemenang tiga Order of Merit Asian Tour asal Thailand Thongchai Jaidee kemarin bermain 8-over 80. Dan sejumlah jawara seperti Andrew Dodt, Shiv Kapur, Gaganjeet Bhullar, dan Pavit Tangkamolprasert bermain dengan skor 76.

”Sepertinya saya melakukan sekitar 26 putt dan itu membantu siapa saja yang bermain di sini. Semoga saja saya masih bisa melakukan hal serupa. Saya hanya harus mempertahankan bola agar tetap berada di fairway, dan itulah yang penting di sini,” tukas Grillo yang untuk sementara unggul dua stroke.

Sebelumnya, pegolf kidal asal Amerika Paul Peterson sempat membukukan salah satu skor terendah pada hari pertama dengan skor 67. Sama seperti Grillo, kemarin Peterson juga hanya mencatatkan satu bogey, yaitu di hole 6, plus enam birdie.

Peterson meraih gelar Asian Tour pertamanya pada Leopalace21 Myanmar Open pada akhir Januari 2018 lalu. Sebelumnya, ia juga telah menjuarai D+D Real Czech Masters, ajang European Tour pada 2016.

Sebelum memulai putaran pertamanya kemarin, Peterson menuturkan, bisa bermain 4-under merupakan targetnya. Salah satu kunci performanya kemarin ialah konsistensinya memukul dari tee ke green dan juga ”bisa memasukkan beberapa putt”.

”(Lapangannya) sulit dipercaya. Beberapa tee box-nya berubah dari tahun lalu, sejauh yang saya ingat. Bahkan jika meleset dari fairway, kondisinya sedikit lebih brutal lantaran rumput tinggi. Jadi, Anda mesti benar-benar mengontrol bola dan benar-benar sabar. Saya kira itulah resepnya,” imbuh Peterson yang untuk sementara berbagi peringkat kedua dengan Pablo Larrazabal dan Matteo Manassero ketika turnamen dihentikan lantaran hari sudah gelap.

Lain lagi dengan pemain Spanyol, Pablo Larrazabal. Ia bangun 38 menit sebelum waktu tee-nya lantaran waktu pada ponselnya menunjukkan waktu Spanyol. Namun, ia berhasil tiba di lapangan persis 25 menit sebelum tee off.

”Jantung saya deg-degan, saya benar-benar gugup. Saya kira mobil pengantar itu mencetak rekor dunia dari hotel ke lapangan hanya dalam  beberapa menit, padahal biasanya butuh 15-10 menit,” ujar Larrazabal yang akhirnya masih bisa bermain 5-under 67 berkat 9 birdie, 2 bogey, dan satu double bogey.

S.S.P. Chawrasia, sang juara bertahan, kemarin bermain 2-over 74 dan untuk sementara berada jauh dari persaingan. Adapun Shubhankar Sharma yang bermain cemerlang di Meksiko pekan lalu menuntaskan putaran pertamanya dengan skor 1-over 73.

Share.

Leave A Reply