Finna Golf & Country Club Resort, Paduan Pusaka Nan Elok

0

Trio perancang lapangan, dipadukan dengan warisan keelokan alam yang bervariasi dengan latar tiga gunung megah menghadirkan lapangan golf 18 hole bertaraf championship yang menantang. Inilah suguhan komplit yang tidak boleh dilewatkan oleh pencinta golf mana pun.

Peter Thomson, Michael Wolveridge, dan Ross Perret bukanlah nama yang asing di lingkungan lapangan golf Indonesia. Trio tersebut telah berpartisipasi menghadirkan sejumlah lapangan golf di Indonesia, dan beberapa di antaranya berada di lingkungan pegunungan. Pengalaman Peter Thomson sebagai pegolf top Australia—menjuarai lima gelar The Open Championship antara 1954 dan 1965—dipadukan dengan pengalamannya berkunjung ke seluruh lapangan golf terbaik di dunia menjadi modal berharga menyajikan berbagai lapangan berkualitas.

Salah satu karya Thomson, Wolveridge, dan Perret hadir di wilayah Pasuruan, Jawa Timur. Finna Golf & Country Club Resort yang dibuka pada tahun 1993 merupakan sebuah resor terpadu yang mengedepankan lapangan golf berkualitas. Meski bukan merupakan lapangan tertinggi, lapangan ini berada di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut dan dikelilingi oleh tiga gunung—Gunung Arjuna, Gunung Welirang, dan Gunung Penanggungan—yang megah sebagai latar belakangnya. Dengan mengintegrasikan alam dan permukaan yang bervariasi, lapangan ini sangat layak untuk menguji dan meningkatkan kemampuan bermain para pegolf dari berbagai tingkat kemampuan. Tidak salah menyebutkan lapangan ini sebagai lapangan yang memadukan warisan alam dan pengalaman yang kaya dari desainernya.

Finna Golf & Country Club Resort

Finna Golf & Country Club Resort

Hole 12 par 3 merupakan signature hole di Finna Golf & Country Club Resort. Meskipun merupakan par 3 terpendek dengan panjang hanya sekitar 148 meter dari Pro Tee, dan indeksnya 18, bukan berarti hole ini tidak menantang. Layout-nya yang berupa sawah, plus lanskap yang bertingkat, dan rintangan air sebagai elemen yang memberi tantangan bagi Anda.

Sebagai sebuah resor, Finna Golf & Country Club Resort juga menyediakan berbagai fasilitas yang bakal melengkapi pengalaman bermain golf. Sejumlah cottage mewah dengan layanan dan fitur yang lengkap, berikut dengan vila-vila yang sangat cocok untuk tempat beristirahat, merupakan sebagian fasilitas yang dapat memanjakan segenap keluarga.

Pasca tragedi lumpur Porong Sidoarjo, lapangan ini sempat mengalami penurunan jumlah pengunjung, mengingat terhambatnya akses menuju Pasuruan. Namun, seiring dibukanya jalur alternatif, lapangan ini kembali dibanjiri oleh para tamu dan pelanggannya. Bahkan saat ini Finna Golf bisa dianggap sebagai salah satu lapangan favorit karena fasilitas dan tantangan yang disuguhkan. Sejumlah turnamen, seperti Bupati Cup, hampir selalu digelar di lapangan yang dikelola oleh PT Sekar Laut Tbk ini.

Hal yang menarik ialah lapangan ini juga memberi kesempatan bagi anak-anak yang tinggal di sekitar Finna Golf & Country Club Resort untuk mengenal dan belajar bermain golf. Hal ini menjadi salah satu timbal balik yang diberikan pihak lapangan kepada masyarakat sekitar, sekaligus upaya mereka untuk melahirkan pegolf-pegolf masa depan Indonesia.

Fakta-Fakta

Jumlah hole, par: 18, 72 par
Desain lapangan: Thomson, Wolveridge, dan Perret
Dibuka sejak: 1993
Ukuran lapangan: Pro Tee 6.345 m; Men’s Tee 5.733 m; Ladies Tee 5.029 m
Fasilitas: kedi, golf cart, driving range, Pro Shop, rental club dan sepatu
Penghargaan: Best Service Excellent Provider 2011 dari Asian Business and Company Awards

Fasilitas-Fasilitas

Finna Golf & Country Club Resort - Cottage dan Vila

Cottage dan Vila

Cottage dan Vila

Ada 32 cottage mewah yang telah disediakan bagi para pengunjung Finna Golf & Country Club Resort. Dari jumlah tersebut, dua di antaranya merupakan cottage VIP. Masing-masing cottage dilengkapi dengan jacuzzi dan pancuran lengkap dengan air panasnya, plus layanan TV kabel.

Khusus untuk cottage VIP, selain memiliki living room, tersedia pula kolam renang pribadi sehingga sehingga Anda tidak perlu berjalan keluar cottage untuk menuju kolam renang publik yang berada tak jauh dari resepsionis cottage.

Jarak cottage ke clubhouse juga tidak terlalu jauh, Anda bisa berjalan melintasi bagian resepsionis. Namun, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas jemputan dari cottage menuju clubhouse.

Selain cottage, ada pula 12 vila dengan pemandangan mengarah ke Gunung Arjuna dan Gunung Penanggungan. Delapan di antaranya merupakan vila dengan tiga kamar, sedangkan empat sisanya merupakan vila dengan empat kamar.

Pijat tradisional

Tidak ada yang lebih menyegarkan daripada merasakan pijat tradisional setelah memainkan satu putaran golf. Layanan ini tersedia pukul 18:00-24:00 dengan tarif Rp110.000/jam, pemesanan terakhir pada pukul 22:00.

Outbond

Pengelola juga menyediakan fasilitas outbond yang cocok untuk menjadi lokasi untuk family gathering, bahkan pelatihan team building. Beberapa program spesial yang disediakan, meliputi Effective Team Building Training, Supervisory Outbound Training, Sales & Marketing Outbound Training, dan Customer Service Outbound Training. Tersedia pula program outbond untuk anak-anak, yang mengedepankan petualangan di luar ruangan.

Finna Golf & Country Club Resort - Fasilitas

Fasilitas lain

Selain menyediakan kolam renang bagi dewasa dan anak-anak, Finna Golf & Country Club juga menyediakan lapangan tenis rumput dengan latar Gunung Arjuna, Gunung Welirang, dan Gunung Penanggungan. Ada pula Kid’s Corner yang menyediakan beragam hiburan dan aktivitas dalam ruangan bagi anak-anak. Untuk menjaga kebugaran, Anda bisa memanfaatkan Gym yang dilengkapi dengan peralatan latihan berteknologi terkini, tersedia bagi member dan tamu. Sejumlah fasilitas lain yang bisa Anda dapatkan di sini ialah lapangan basket, lapangan bulu tangkis, tenis meja, jalur joging, dan sepeda.

Wisata lain

Anda bisa menikmati sejumlah objek wisata ketika berada di Pasuruan. Salah satunya ialah Air Terjun Kakek Bodo. Air terjun berketinggian 50 meter ini bisa dijangkau dengan mudah dari Finna Golf. Bahkan pihak Finna Golf menyediakan paket menginap, berikut kegiatan di lokasi air terjun.

Dengan perjalanan sekitar setengah jam dari Finna Golf, Anda juga bisa mengunjungi Kebun Raya Purwodadi, yang merupakan salah satu dari tiga cabang Kebun Raya Indonesia (Kebun Raya Bogor). Kebun raya yang berlokasi di Terawas ini tak hanya cocok untuk tempat rekreasi, tapi juga menjadi tempat tujuan yang sangat baik untuk belajar mengenai flora dan penanganannya.

Bagi Anda yang ingin melakukan tur ke Gunung Bromo, Finna Golf pun menawarkan paket Moment of Sunrise, perjalanan empat orang untuk menikmati pemandangan matahari terbit. Paket yang ditawarkan meliputi transportasi pergi-pulang, tiket masuk, menunggangi kuda, bahkan termasuk melihat kawah Gunung Bromo. Untuk menikmati paket ini, Anda tentu perlu bangun subuh, mengingat perjalanan akan memakan waktu sekitar 2,5 jam.

  • Teks Raka S. Kurnia
  • Fotografi Taufik Dwilesmana

Review dan Lokasi Finna Golf & Country Club Resort

0% Awesome

Jalan Raya Barsari, Prigen
Pasuruan 67157, Jawa Timur
T: +62 343 634888
F: +62 343 632156
E: [email protected]
W: http://www.finnagolf.com/

  • User Ratings (2 Votes) 94 %
Share.

Leave A Reply