Finna Golf & Country Club Resort Course

0

Hole 1 Par 5—470 meter. Hole pembuka ini merupakan hole yang dogleg ke kiri. Dari tee box, pastikan Anda menyasar fairway ke sudut kanan. Untuk itu Anda mesti melakukan pukulan solid melintasi sebuah bunker yang berjarak sekitar 170 meter dari Pro Tee. Jika Anda tipe long-hitter, hole ini relatif terjangkau dalam dua pukulan. Namun, Anda mesti mewaspadai sejumlah bunker yang menjaga sisi kiri dan kanan bunker.

Hole 5 Par 3—184 meter. Ini salah satu hole yang menarik di Finna Golf & Country Club. Dengan posisi tee box berada di ketinggian, Anda bisa melihat Gunung Penanggungan, sebagai latar yang sangat menawan, terutama jika cuaca cerah. Namun, jangan hanyut oleh pesona pemandangannya. Tiga bunker mengawal green di sisi kiri dengan areal persawahan di sisi kanan membuat hole ini tidak mudah ditaklukkan. Meskipun permukaan green-nya  relatif luas, Anda perlu memanfaatkan kemampuan memukul lurus ke tengah green. Pemilihan club yang tepat jelas menjadi salah satu kunci. Green-nya sendiri memang tidak terlalu bergelombang. Namun, Anda harus jeli membaca jalur break bola.

Hole 8 par 4—425 meter. Hole ini merupakan par 4 terpanjang di Finna Golf, sekaligus menjadi salah satu hole dengan indeks tersulit, baik bagi pegolf pria maupun pegolf wanita. Di tengah, fairway menyempit karena ada dua bunker di sisi kiri dan satu bunker di sisi kanan. Anda perlu mengarahkan bola ke tengah fairway, di sebelah kanan bunker. Dari sana pukulan menuju ke green akan relatif lebih mudah.

Finna Golf & Country Club Resort Course 2

Finna Golf & Country Club Resort Course

Hole 10 par 5—472 meter. Sebagaimana hole pembuka pada sembilan hole pertama, hole pembuka pada sembilan hole kedua ini juga merupakan hole par 5. Untuk mengawalinya, Anda perlu mengamati bunker di sisi kiri, lalu arahkan bola ke sebelah kanan bunker tersebut. Untuk pukulan kedua, Anda juga perlu berhati-hati mengingat ada sebuah kali yang memotong jalur ke green. Pastikan Anda memilih club yang tepat agar bola mendarat di depan kali, lalu lakukan carry melintasi kali tersebut. Sebuah bunker yang tak terlalu besar, namun dalam, mengawal sisi depan green. Sisi kiri agak jauh dan sisi kanan, juga ada bunker yang siap menelan bola yang slice maupun hook.

Hole 12 par 3—148 meter. Ini salah satu hole yang menawan dengan latar Gunung Arjuna. Par 3 yang lebih sulit. Jalur pukulan dihalang oleh ranting pepohonan di sisi kanan; jika mengarahkan bola ke sisi kiri pun, Anda mesti memastikan pukulan tidak melenceng terlalu jauh. Adapun sisi kirinya terdapat sebidang sawah dengan aliran kali di sisi kiri, akan terdengar jika Anda berjalan dari tee ke green. Jika Anda bermain dari tee merah, rintangan ranting tersebut tak terlalu mengganggu. Sebuah bunker yang dalam menanti di depan green untuk menambah tantangan. Adapun permukaan green-nya sedikit lebih kecil daripada green yang lain, di hole 5, misalnya. Permukaannya bergelombang di sisi kanan belakang. Dan dari depan agak sedikit menanjak. Pastikan Anda membaca jalur dengan baik dan mengukur tenaga saat putting.

Hole 15 par 5—503 meter. Inilah hole terpanjang di Finna Golf. Hole satu ini mungkin akan sangat memuaskan para pegolf bertipe long-hitter. Dari tee, Anda hanya perlu memukul lurus ke arah faiway. Pastikan tenaga Anda cukup agar dapat menghindari bunker di tengah farway. Anda juga mungkin takkan menemukan kesulitan kala melakukan pukulan kedua, namun jalur menuju green yang menyempit dan ancaman OB di sekitar green membuat Anda harus cermat mengarahkan dan menempatkan bola ke green.

Hole 17 par 4—394 meter. Hole ini lumayan lurus, tetapi tidak mudah menaklukkannya. Dari tee box ada satu pohon yang siap menghadang di sisi kiri, tapi tidak bakal terlalu mengganggu jika Anda mahir mengarahkan bola. Namun, jalur pukulan kedua Anda segera terhalang ranting pepohonan di sisi kanan fairway sehingga Anda mesti memukul bola lebih rendah, dengan kata lain hindari menghasilkan flight yang tinggi. Pohon itu sendiri pada dasarnya merupakan pembatas antara fairway hole 16 dan fairway hole 17.

Hole 18 par 4—392 meter. ”Pintu masuk” menuju green yang relatif sempit membuat hole ini menjadi hole penutup yang tak kurang menantangnya. Di sebelah kiri fairway terdapat dua bunker yang siap menelan bola Anda. Agar mengakhiri putaran golf Anda dengan baik, arahkan bola ke sisi kanan bunker tersebut. Tapi waspadalah dalam melakukan pukulan kedua. Sisi kanan dan belakang green merupakan wilayah OB, sementara di sebelah kiri terdapat rintangan air lateral.

  • Teks Raka S. Kurnia
  • Fotografi Taufik Dwilesmana
Share.

Leave A Reply