Danthai Mengejar Izumida

0

Danthai Boonma memanfaatkan awal yang solid untuk mengejar pimpinan klasemen Daijiro Izumida pada ajang Asia-Pacific Diamond Cup yang dimulai hari ini. Boonma membukukan skor 65 dan hanya berjarak dua stroke dari Izumida.

Boonma mengawali putaran pertama yang dimainkan di Musashi Country Club, Saitama, ini dengan meyakinkan. Ia menorehkan empat birdie berturut-turut sebelum mencatatkan lima birdie lain, dengan tiga bogey. Catatan ini menjadi skor yang sangat ideal untuk memulai sebuah turnamen, terutama ketika ajang tersebut dimainkan di Jepang.

Performanya hari ini, menurutnya, ditopang oleh putting yang sangat solid.

”Saya bisa main sebagus ini karena putting saya. Empat birdie berturut-turut pada awal permainan memberi saya percaya diri,” tutur Boonma yang mencatatkan 22 putt sepanjang 18 hole pertamanya tadi. ”Pukulan tee saya sebenarnya tak begitu bagus dan tiga bogey yang saya dapatkan hari ini semua lantaran bola saya meleset ke rough yang tebal.”

Pegolf yang telah mengemas satu gelar Asian Tour ini menikmati pengalaman perdananya pada The Open Championship, yang menjadi Major pertama dalam karier profesionalnya. Ia menyebut pengalaman Major tersebut telah menambah pengalamannya dan membantunya menjadi pemain yang lebih baik.

”Setelah bermain pada The Open, saya pulang dan berlatih lebih keras. Saya pikir hal itu benar-benar membantu saya,” ujar Boonma yang berbagi posisi kedua bersama dua pegolf tuan rumah lainnya, Yuki Inamori dan Hiroshi Iwata.

Meskipun Boonma bermain dengan bagus, pegolf tuan rumah Daijiro Izumida ternyata menunjukkan permainan yang jauh lebih baik lagi. Meskipun tak bisa dibilang sangat sempurna, Izumida yang bermain dari hole 10 mengawali turnamen ini dengan dua birdie berturut-turut. Lalu ia mencatatkan empat birdie berturut-turut dari hole 14 hingga 17. Ia menambahkan tiga birdie lagi di sembilan hole terakhirnya, namun juga menorehkan bogey di hole 4, yang menjadi satu-satunya bogey.

Permainan Izumida yang bagus ini seakan menjadi buah hasil positifnya bulan lalu. Kala itu ia sukses menjuarai turnamen pertamanya pada Japan Golf Tour Organization (JGTO).

”Hari ini hampir menjadi putaran yang sempurna buat saya lantaran pukulan dan putting saya yang bagus. Saya sebenarnya tidak punya ekspektasi yang tinggi. Waktu putaran latihan, saya malah sempat merasa cemas, namun kecemasan itu ternyata tak beralasan. Hari ini bahkan lebih baik daripada yang saya harapkan,” tutur Izumida.

Meski memang tidak berharap banyak kali ini, toh pegolf berusia 25 tahun ini mengaku kalau kemenangan bakal membukakan pintu yang lebih lebar lagi baginya.

”Saya juga bermimpi untuk bisa main di luar Jepang. Kalau bisa memenangkan turnamen ini atau mendapat hasil yang bagus, tentu banyak pintu yang terbuka dan hal tersebut menjadi motivasi saya,” sambungnya.

 

 

 

Naraajie Emerald Ramadhan Putra membukukan lima birdie dengan dua bogey dan satu double bogey dalam debutnya pada Asia-Pacific Diamond Cup.

 

 

 

Pada putaran pertama ini, Boonma bukanlah satu-satunya pegolf Thailand yang menonjol. Pegolf senior Prayad Marksaeng juga mencatatkan hasil yang kuat. Ia mencatatkan skor 5-under 66 dan untuk sementara berada hanya tiga stroke dari Izumida.

Ajang Asia-Pacific Diamond Cup ini juga menjadi ajang ujicoba, bagi sejumlah pemain amatir, mengingat akan digelarnya Asia-Pacific Amateur Championship pada awal bulan Oktober mendatang. Salah satu pemain amatir yang mendapat undangan untuk berlaga ialah pegolf amatir terbaik Indonesia saat ini, Naraajie Emerald Ramadhan Putra.

Naraajie yang kini berperingkat 77 dunia, menurut World Amateur Golf Ranking, hari ini mencatatkan skor 2-over 73 dan untuk sementara berada di posisi T82. Bermain dari hole 10, Naraajie mencatatkan lima birdie dengan dua bogey dan dua double bogey.

Pegolf Korea yang meraih medali perak individu pada Asian Games putra Oh Seungtaek dan pegolf China yang meraih medali perunggu Lin Yuxin juga membukukan skor yang sama dengan Naraajie.

Posisi amatir terbaik pada putaran pertama ini dibukukan oleh peraih medali emas individu Asian Games, Keita Nakajima. Ia menorehkan lima birdie, satu bogey, dan satu double bogey dan untuk sementara berada di posisi T22.

Share.

Leave A Reply