Catlin Menjuarai Asia-Pacific Classic

0

John Catlin menunjukkan kerja keras yang tepat akan memberikan prestasi yang memuaskan. Pegolf asal Amerika Serikat ini membuktikannya dengan meraih kemenangan perdananya pada kancah Asian Tour setelah menjuarai Asia-Pacific Classic hari ini (20/5). Catlin kembali mencatatkan skor 3-under 69 untuk gelar yang sudah dinanti-nantikannya itu.

Catlin mengawali putaran final tadi dengan solid dan mencatatkan birdie di hole kedua. Performanya seakan menurun ketika mendapat bogey di hole 5 dan 7. Namun, di sanalah ia justru menunjukkan bahwa dirinya pantas menjadi juara ketika berhasil mengembalikan performa ketika ia benar-benar membutuhkannya. Setelah birdie di hole 9, ia menambah tiga birdie lagi di sembilan hole terakhirnya, yang membantunya meraih gelar Asian Tour pertama baginya dengan keunggulan dua stroke dari pesaing terdekatnya, pegolf Australia Adam Blyth.

”Pertama-tama, saya harus berterima kasih kepada pelatih saya, Noah (Montgomery). Ia telah melakukan pekerjaan luar biasa buat saya dalam empat tahun terakhir. Gelar ini sudah lama dinanti-nantikan. Ia tetap bersikap sangat sabar dengan saya dan ikut mengalami pasang surut. Bisa berada di sini sungguh menjadi sebuah bukti yang jelas. Kemenangan pun terasa sangat memuaskan. Sulit dipercaya, banyak perasaan yang berkecamuk,” tutur Catlin.

Ia mengaku bogey di hole 5 dan 7 merupakan buah dari kegugupan yang ia alami, sesuatu yang sangat lumrah dialami oleh mereka yang berada dalam perebutan gelar juara. Namun, ia berhasil membuat dirinya lebih tenang sehingga dua bogey tersebut tidak merusak permainannya.

”Menuju dua hole terakhir, saya terus meyakinkan diri saya untuk terus berjuang. Adam (Blyth) bisa saja membuat birdie dan saya bisa saja kena bogey. Jadi, saya berusaha untuk mengamankan hole terakhir untuk mendapat par dan saya bisa memukul bola sekitar 6 inchi dari lubang, yang membuat segalanya lebih mudah. Seperti yang mereka bilang, segalanya belum berakhir sampai putt terakhir digulirkan,” tutur Catlin lagi.

Catlin menjadi bukti dari peralihan level yang sangat baik. Dua kali menjuarai ajang Asian Development Tour (ADT), Catlin mendapat kartu Asian Tour setelah berada di peringkat ketiga Order of Merit ADT musim lalu. Dan kini ia menjadi pegolf kedelapan yang meraih gelar Asian Tour setelah menempuh jenjang ADT, mengikuti Malcolm Kokocinski (Swedia), Berry Henson (AS), Chan Shih-chang (China Taipei), duo Malaysia Gavin Green dan Nicholas Fung, dan duo Thailand Pavit Tangkamolprasert dan Poom Saksansin.

Permainannya pekan ini juga menunjukkan permainannya yang tajam. Sepanjang pekan, ia memukul bola ke 36 dari 56 fairway, dan 54 dari 72 green in regulation, dengan rata-rata 28,25 putt per putaran.

Setelah menikmati kesuksesan berjenjang ini, tak mengherankan jika Catlin berniat untuk masuk kategori berikutnya, ”Multiple Winners”.

”Menang di level ADT memang menyenangkan, tapi Tour utama ini merupakan level lebih lanjut dan, seperti kita tahu, inilah Tour utama di Asia. Jadi, bisa masuk kategori juara di Asian Tour sangatlah berarti. Malah target saya selanjutnya ialah masuk kategori ’Multiple Winners’,” ujarnya. ”Tapi saat ini saya senang bisa menang, dan berniat untuk menang lagi!”

Kemenangan ini praktis akan melambungkan peringkat dunianya. Sebelum memulai turnamen ini Catlin berada di peringkat 278 dan 10 poin yang ia menangkan dari St. Andrew Golf Club, Henan, China ini akan memberinya peringkat terbaik sepanjang karier profesionalnya. Dan tentu saja dengan hadiah uang sebesar US$54.000 sebagai pemenang.

Asia-Pacific Classic ini sendiri merupakan kolaborasi Asian Tour dan China Golf Association. Ajang ini juga merupakan turnamen kedua yang digelar di China tahun ini, setelah Volvo China Open, sebagai bagian dari kerja sama strategis untuk menumbuhkan dan mengembangkan golf profesional di China.

Share.

Leave A Reply