Catlin Bertahan di Puncak Klasemen

0

Pegolf Amerika Serikat John Catlin bertahan di puncak klasemen pada ajang Asia-Pacific Classic kemarin 919/5) setelah bermain 3-under 69. Peluangnya untuk meraih gelar Asian Tour pertama pun kian terbuka.

Meskipun mengaku bermain tidak dalam standar permainannya, Catlin yang telah mengantungi dua gelar Asian Development Tour (ADT) ini berhasil mencatatkan enam birdie dengan tiga bogey untuk bertahan di puncak klasemen sementara di St Andrews Golf Club, Henan, China.

”Tentu saja saya bersemangat (untuk meraih gelar Asian Tour pertama). Saya sudah berlatih keras selama dua tahun terakhir dan bermimpi memiliki peluang ini,” ujarnya. ”Menjuarai dua gelar ADT tentu akan memberi percaya diri ketika memainkan putaran final lantaran saya pernah berada di posisi ini dan berhasil memaksimalkannya.”

Alumnus New Mexico University ini juga merupakan satu-satunya pegolf yang berhasil membukukan birdie di hole 17 pada putaran ketiga kemarin.

”Hole 17 sangat bagus. Saya memukul 3-wood ke rough kiri. Ada lumpur yang menempel di bola saya dan jarak yang tersisa ada 187 yard. Itu dugaan saya, dan hanya itu yang bisa Anda duga dalam situasi tersebut, dan dugaan saya ternyata benar,” tutur Catlin lagi.

Bola pun bergulir sekitar 6 kaki dari lubang sehingga ia berhasil mendapat birdie di hole tersebut.

Meskipun mengaku puas berhasil mencatatkan birdie di hole 17, Catlin mengaku cukup kecewa lantaran beberapa kali ia gagal memasukkan bola dari jarak yang cukup dekat.

”Tak ada yang berubah untuk besok (20/5), saya hanya berharap bisa mendapatkan banyak peluang birdie. Hari ini pukulan saya juga meleset dari beberapa green dan mesti melakukan up-and-down. Semoga saya bisa memukul lebih banyak ke green dan merasa lebih santai. Tapi tak ada yang berubah; cukup memainkan pukulan demi pukulan,” tutupnya.

Dengan total skor 13-under 203, posisi Catlin memang jauh dari aman lantaran ia hanya unggul tipis satu stroke dari pegolf Australia Adam Blyth yang pada putaran ketiga kemarin mencatakan skor 4-under 68.

Seperti pada putaran kedua, Blyth membukukan sejumlah birdie pada akhir sembilan hole pertamanya. Jelas ia memiliki performa yang solid dan hanya mendapat satu bogey, yaitu di hole 10.

Meskipun belum mencatatkan namanya sebagai salah satu juara Asian Tour, Blyth telah memenangan dua gelar PGA Tour of Australasia pada musim 2016. Artinya, sama seperti Catlin, ia juga berpengalaman berada dalam persaingan juara dan menuntaskan misi kemenangan.

”Saya yakin pengalaman saya akan membantu. Makin sering melakukannya, makin belajar pula diri Anda terhadap situasi untuk merebut juara. Saya sangat bersemangat menghadapi putaran final, main bagus, dan dekat dengan pimpinan klasemen. Bakal menyenangkan,” ujar Blyth.

Satu stroke di belakang Blyth, pegolf Jepang Shohei Hasegawa seakan mengikuti performa Blyth yang cukup sempurna. Pegolf yang menjuarai ajang OB Golf Invitational bulan Maret lalu ini mendapat empat birdie dengan hanya satu bogey untuk meramaikan persaingan.

”Kemarin driving saya tidak begitu bagus dan hari ini (kemarin, 19/5), masih kurang memuaskan. Permainan saya lainnya sih cukup bagus. Semoga saja pukulan tee saya bisa meningkat lebih baik besok, apalagi pukulan iron dan putting saya tak begitu jelek. Semoga saja saya berada dalam persaingan dalam tiga hole terakhir,” tutur Hasegara.

Adapun pegolf tuan rumah Xiao Bowen melanjutkan performa bagusnya dengan bermain 69. Total skornya 9-under 207 masih memberinya peluang untuk menyalip Hasegawa, Blyth, maupun Catlin. Namun, Bowen juga harus berbagi peringkat keempat dengan pegolf Inggris Callum Tarren dan peglf Australia lainnya Jack Wilson.

Dengan persaingan di puncak klasemen yang cukup ketat, putaran final nanti tentu akan menghadirkan tontonan yang menarik. Perkembangan putaran final bisa Anda simak dari live scoring melalui aplikasi Asian Tour, yang tersedia untuk iOS maupun Android. Adapun dari desktop, Anda bisa mengikutinya melalui situs resmi Asian Tour.

 

Share.

Leave A Reply