Berburu Birdie, Membidik Medali

0

Putaran final cabang olahraga golf Asian Games XVIII hari ini (26/8) akan menjadi ajang untuk berburu birdie sekaligus membidik medali. Hingga akhir putaran ketiga kemarin, Jepang dan China berpeluang kuat untuk merebut medali emas.

Dari sektor individu putra, pegolf Jepang Keita Nakajima memperkuat posisinya di puncak klasemen. Pada akhir putaran ketiga kemarin (25/8), ia bermain 2-under 70. Ia mencatatkan lima birdie dengan tiga bogey sehingga untuk sementara mencatatkan skor total 10-under 206. Ini membuatnya unggul tiga stroke dari waki China dan Korea, Jin Cheng dan Oh Seungtaek.

Sayangnya, pegolf unggulan Indonesia Naraajie Emerald Ramadhan Putra justru tidak tampil dalam performa terbaiknya pada hari ketiga kemarin. Naraajie hanya mencatatkan dua birdie dengan lima bogey dan satu double bogey. Skor totalnya pun menjadi 2-over 218 dan terlempar T27.

Skor terbaik dari Tim Putra Indonesia dibukukan oleh Almay Rayhan Yaqutah dan Kevin Caesario Akbar yang bermain even par 72. Untuk sementara Almay berada di peringkat T21 bersama rekan senegaranya Jonathan Wijono yang kemarin bermain 73 setelah keduanya sama-sama bermain total 1-over 217. Sementara Kevin Caesario Akbar ada di posisi 31 dengan skor total 3-over 219.

Adapun dua pegolf China berada di jajaran atas klasemen individu putri. Liu Wenbo yang merupakan pegolf nomor satu China saat ini kemarin bermain 5-under 67 berkat tujuh birdie dan dua bogey. Ia mengumpulkan total 11-under 205. Sementara rekan senegaranya Du Mohan, meski membukukan 1-over 73, masih bisa berada di tempat kedua dengan skor total 8-under 208.

”Tim putri kami bermain bagus hari ini. Dua pemain putri, (Lin) Wenbo dan (Du) Mohan berada di posisi pertama dan kedua. Peluang menang jelas ada dan kami merasa optimis,” jelas Kapten Tim China Jing Hongwen. ”Tim kami sudah mengenal lapangan ini (Pondok Indah Golf Course) karena sebelum bertanding di Asian Games kami melakukan latihan di sini pada bulan Juli lalu.”

Meski secara teori medali emas dan perak bisa berada di tangan kedua pegolf China tersebut, posisi mereka masih bisa dijangkau dalam 18 putaran terakhir yang segera bergulir hari ini. Pegolf fenomenal asal Thailand Atthaya Thitikul kemarin bermain 3-under 69 dan kini berbagi peringkat ketiga bersama pegolf terbaik Filipina Yuka Saso dengan skor total 7-under 209.

 

 

 

”Permainan saya hari ini solid, rasanya malah lebih bagus daripada kemarin meskipun angkanya sama.” – Ida Ayu Indira Melati Putri

 

 

 

Indonesia sendiri menempatkan Ida Ayu Indira Melati Putri di peringkat 7 dengan catatan skor 4-under 212. Ida yang merupakan pegolf nomor dua di Indonesia saat ini berhasil membukukan 2-under 70 pada hari ketiga.

”Permainan saya hari ini solid, rasanya malah lebih bagus daripada kemarin meskipun angkanya sama. Angin lumayan kencang, tapi masih bisa diatasi,” tutur Ida yang untuk sementara berada di peringkat 7, tujuh stroke di belakang Lie Wenbo. ”Besok (hari ini) saya akan berfokus untuk bermain santai.”

Adapun Ribka Vania kemarin juga mengalami penurunan performa setelah membukukan 3-over 75. Hal ini membuat raihan totalnya menjadi 1-under 215.

Dari kategori beregu putra, Tim Jepang saat ini memimpin dengan skor 22-under 626. Adapun Tim Korea Selatan berada di tempat ketiga dengan lima stroke di belakang Jepang. Tim China menempati peringkat ketiga dengan 14-under 634. Thailand mengintai di tempat keempat dengan selisih hanya satu stroke dari China. Indonesia sendiri berbagi peringkat ke-7 bersama Filipina dengan skor 1-under 647.

Sementara pada kategori beregu putri, Tim China menjadi kekuatan dominan dengan torehan 19-under 413. Korea Selatan ada di tempat kedua dengan 12-under 420, dan Filipna di posisi ketiga dengan 10-under 422. Jepang masih berpeluang untuk menyalip Filipina lantaran hanya berjarak tiga stroke di tempat keempat. Indonesia juga masih punya peluang untuk menyalip Filipina dan mencatatkan prestasi medali perunggu. Dengan skor total 5-under 430, Indonesia hanya satu stroke di belakang Thailand yang berada di peringkat 5.

Share.

Leave A Reply