Awal yang Solid di Royal Birkdale

0

Sejumlah pegolf Asia berhasil mengawali putaran pertama The Open Championship di Royal Birkdale dengan permainan yang solid. Pegolf top asal Thailand Thongchai Jaidee, misalnya, berhasil pulih dari double bogey yang ia peroleh pada awal putaran The Open kemarin (20/7) dan mengakhiri hari pertama dengan skor even par 70.

Thongchai menyebut keliru memilih club memberi hasil yang fatal baginya di hole pertama Royal Birkdale. Namun, berkat pengalamannya, ia berhasil mengatasi tekanan tersebut dengan mencatatkan 4 birdie dan 2 bogey untuk menuntaskan hari pertama.

”Saya mengawali turnamen ini dengan sangat buruk lantaran memainkan club yang salah. Seharusnya saya memainkan 3-wood, tapi saya malah memakai driver. Bola saya pun melambung ke semak-semak. Beruntung hujan kemudian berhenti setelah tee off. Setelah itu saya mulai tenang dan rencana permainan saya berjalan dengan baik,” ujar pegolf berusia 47 tahun ini.

Hukum wajib untuk mengatasi pengalaman buruk itu ialah lekas melupakannya. Terlebih masih ada 17 hole lagi yang bisa memberi peluang memperbaiki permainan.

”Masih ada dua hole par 5 di Sembilan hole terakhir dan saya tahu saya bisa mendapat hasil bagus di sana—dan saya berhasil melakukannya,” imbuh Thongchai.

Tiap hole di Royal Birkdale memang memberi tantangan tersendiri. Tapi Thongchai juga mengaku angin turut membantu permainannya.

”Anda mesti bermain dengan focus 100% di sini lantaran bunker-bunker pot selalu ada di tiap hole. Permainan mental Anda juga mesti kuat. Jika bisa menghindari bunker-bunker ini dan memukul ke fairway, skor Anda akan bagus,” ujar Thongchai.

Sementara itu, junior Thongchai, Phachara Khongwatmai yang memainkan The Open keduanya mengaku puas dengan permainannya hari pertama. Ia membukukan tiga birdie dengan empat bogey dan satu triple bogey.

”Saya hanya mendapat satu hole dengan skor buruk. Referee memberi tahu kalau saya main lambat, jadi saya terburu-buru melakukan pukulan kedua,” ujarnya. ”Secara keseluruhan saya puas dengan permainan saya. Saya tak merasa gugup sama sekali di tee pertama. Saat mendapat birdie pertama saya (di hole 5), saya tak terlalu memikirkannya lantaran ini masih ada pada putaran awal. Anda bisa melakukan pukulan yang buruk di sini dan selesailah permainan Anda.”

Sejumlah pemain Asia sempat bermain bagus di hole-hole awal. Song Younghan, Prayad Marksaeng, dan Shiv Kapur sempat bertahan di zona 20 besar. Namun, masing-masing akhirnya harus puas dengan permainannya hari pertama.

Song bermain 1-over 71 dengan dua birdie dan tiga bogey; Marksaeng mendapat skor 76 lantaran mendapat empat bogey dan satu double bogey; sementara Shiv Kapur mencatatkan skor 73, seperti halnya Anirban Lahiri.

Hideki Matsuyama berhasil bermain 2-under 68 setelah meraih empat birdie dan dua bogey. Untuk sementara ia berada di peringkat T12 bersama pegolf Korea Kang Sunghoon dan 12 pegolf lain, termasuk juara Order of Merit Asian Tour 2014, juara The Masters 2012 dan 2014 Bubba Watson, plus salah satu favorit tuan rumah Andrew ”Beef” Johnston.

Adapun Jordan Spieth menjadi sorotan ketika berhasil menorehkan 5-under 65 untuk menjadi pimpinan klasemen sementara. Spieth mencatatkan lima birdie dan tanpa bogey.

”Semua (aspek permainan saya) kuat,” ujar Spieth. ”Saya mendapat angka Sembilan untuk semua aspek—pukulan tee, ball-striking, short game, dan putting.”

Namun, ketika seluruh pemain akhirnya menuntaskan permainan, pegolf Amerika lainnya, Matt Kuchar menyamai skor Spieth, juga dengan lima birdie dan tanpa bogey. Istimewanya lagi, Kuchar mencatatkan seluruh birdie-nya itu di Sembilan hole pertama.

Juara US Open Brooks Koepka juga menyamai catatan Spieth dan Kuchar. Pegolf berusia 27 tahun ini mencatatkan empat birdie dengan satu bogey dan sebuah eagle di hole 17. The Open merupakan turnamen pertama yang ia ikuti setelah rehat selama empat pekan usai menjuarai US Open bulan lalu.

”Ini kejuaraan Major. Jika tidak bisa siap menghadapinya, Anda sebaiknya pulang,” tukas Koepka.

Juara bertahan asal Swedia, Henrik Stenson berada di posisi T26 dengan 1-under 69.

The Open Championship kali ini bisa dinikmati secara online melalui website resmi www.theopen.com atau melalui aplikasi mobile. Selain itu siaran langsung melalui radio @TheOpen juga bisa dinikmati melalui website dan aplikasi tersebut.

Share.

Leave A Reply